Kisi-kisi PAT PJOK Semester genap kelas 4

 

Selamat datang di blog saya, Berikut akan saya paparkan mengenai soal-soal PAT Kelas 4 semester genap. Simak baik-baik, semoga mendapatkan nilai yang memuaskan.

Materi Pokok :

  1. Memahami prosedur variasi dan kombinasi  berbagai pola gerak dasar dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat/lokomotor,tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
  2. Mengetahui dan memahami prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  3. Mengetahui dan memahami konsep cara melakukan gerakan renang gaya bebas, cara bernafas, gerakan lengan, gerakan tungkai, dan mengombinasikan gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya bebas
  4. Mengetahui dan memahami jenis cidera, prinsip penanganan cidera, dan penanggulangan cedera dalam kehidupan seharo-hari
  5. Mengetahui dan memahami perilaku terpuji dalam menjaga kesehatan dan perilaku terpuji dalam pergaulan kehidupan sehari-hari

Kisi-kisi soal :

Aktivitas Senam Lantai :

  • Disajikan soal agar peserta didik mampu menyebutkan istilah lain dari head stand dengan benar
  • Disajikan soal dalam bentuk gambar agar peserta didik mampu mengetahui fungsi/penekanan gerakan sikap pesawat terbang
  • Disajikan soal agar peserta didik mampu mengetahui gerak dasar bergantung dengan benar
  • Disajikan soal dalam bentuk uraian langkah kegiatan salah satu latihan variasi gerak senam lantai dan siswa menyimpulkan bentuk latihan gerakan tersebut
  • Disajikan soal agar peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan gerakan melompat kangkang yang baik dan benar
  • Disajikan soal dalam bentuk pernyataan tentang posisi kaki ketika melakuakn pendaratan pada lompat kangkang
  • Disajikan soal dalam pentuk pernyataan agar peserta didik menyusun urutan kegiatan dalam melakukan gerakan roll ke belakang
  • Disajikan soal agar peserta didik dapat menjelaskan tentang pengertian salah satu jenis aktivitas senam lantai
  • Peserta didik dapat menyebutkan 2 jenis variasi gerak senam lantai

Aktivitas Gerak Berirama :

  • Peserta didik dapam memahami tentang gerakan yang mengikuti senam irama
  • Disajikan soal dala, pentuk pernyataan agar siswa dapat menjelaskan tentang salah satu aktivitas gerak berirama
  • Disajikan dalam bentuk gambar agar siswa mampu menyebutkan gerakan berdasarkan gambar yang benar
  • Disajikan soal dalam bentuk pernyataan agar peserta didik mampu menyimpulkan tentang gerak dasar senam lantai
  • Peserta didik dapat menjelaskan tentang berpa lama kegiatan senam dilakukan dalam satu minggu untuk menjaga kesegaran jasmani
  • peserta didik dapat posisi tangan dalam gerak mengangkat lengan dan menggerakkan tumit ke depan dalam variasi aktivitas gerak berirama
  • Peserta didik dapat menyebutkan cara melakukan gerak mengayun lengan
  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aktivitas jasmani
  • Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh alat yang dapat digunakan dalam senam irama

Renang Gaya Bebas :

  • Disajikan saoal dalam bentuk pernyataan agar peserta didik dapam mengetahui apa itu renang
  • Peserta didik dapat memahami tentang bagaimana posisi pada ketika berenang gaya bebas
  • Peserta didik dapat mengetahui jenis renang gaya dasar
  • Peserta didik dapat menjelaskan salah satu gerakan untuk melatih gerak tungkai gaya bebas
  • Peserta didik dapat menjelaskna cara berlatih gerakan kaki yang benar pada renang gaya bebas
  • Peserta didik dapat menjelaskan cara berlatih gerakan lengan pada renang gaya bebas secara berpasangan dengan teman.
  • Peserta didik dapat menunjukkan gerakan awalan dalam belajar rangkaian gerak renang gaya bebas
  • Peserta didik dapat menjelaskan cara pengambilan nafas yang benar pada renang gaya bebas
  • Peserta didik dapat menyebutkan cara belajar rangkaian gerak renang gaya bebas

Cidera dan Penanganannya :

  • Peserta didik dapat menyebutkan salah satu cedera dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta didik dapat menyebutkan pengertian cedera
  • Peserta didik dapat menjelaskan tentang luka lecet
  • Peserta didik dapat memberikan contoh cara menanggani cedera pendarahan
  • Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan luka memar dan luka robek
  • Peserta didik dapat menjelaskan tentang luka memar
  • Peserta didik dapat menjelaskan penanganan pertama dalam menagani luka lecet
  • Peserta didik dapat menyebutkan 3 cedera dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta didik dapat menentukkan jenis cedera

Perilaku Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hari :

  • Peserta didikan menjelaskan tentang perilaku terpuji
  • Peserta didik dapat menunjukan perilaku tidak terpuji  dalam menjaga kesehatan diri
  • Peserta didik dapat menunjukan perilaku terpuji dalam menjaga kesehatan keluarga
  • Peserta didik dapat menunjukan perilaku terpuji dalam menjaga kesehatan lingkungan
  • Peserta didik dapat dapat mengetahui fungsi menjaga perilaku terpuji dalam menjaga kesehatan lingkungan
  • Peserta didik dapat menyebutkan manfaat perilaku terpuji terhadap teman
  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku terpuji terhadap teman
  • Peserta didik dapat memberikan 3 contoh perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari
  • Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis cedera

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url