Kisi-kisi PAT IPS Semester genap kelas 4

Selamat datang di blog saya, Berikut akan saya paparkan mengenai soal-soal PAT Kelas 4 semester genap. Simak baik-baik, semoga mendapatkan nilai yang memuaskan.

Materi Pokok :

  1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat propinsi.
  2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
  3. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehen sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

Kisi-kisi soal :

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat propinsi :

  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan pengertian sumber daya alam.
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan sumber daya alam menurut pemulihannya
  • Disajikan sebuah soal siswa apat menyebutkan manfaat lapisan tanah atas bagi manusia karena mengandung humus
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang berasal dari gunung
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan manfaat rumput laut bagi manusia
  • Disajikan sebuah table siswa dapat menunjukkan komoditas utama dari pertanian lahan kering
  • Disajikan sebuah soal siawa dapat menyebutkan usaha yang dilakukan menggunakan alat berat
  • Disajikan sebuah gambar siswa dapat mejelasakan tempat kelola yang sesuai dengan kondisi bentang alam 
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan keadaan alam.
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menunjukkan kelompok perkebunan musiman
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan pengertian perdagangan local.
  • Diisajikan sebuah soal siswa menjelaskan jenis perdagangan yang dikelola oleh perdagangan internasional
  • Disajikan soal siswa dapat menyebutkan factor yang mendukung sector industri Indonesia
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan sumber daya alam organik
  • Disajikan sebuah peta siswa dapat menyebutkan persebaran hewan sesuai gambar pulau pada peta.
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan jenis sumber daya alam non hayati
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan daerah asal peternakan kuda
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan cara yang dilakukan manusia untuk menjaga dan memelihara alam.
  • Disajikan soal siswa dapat menyebutkan bahaya akibat pemanfaatan sumber daya alam tanpa memperhatikan kelestarian alam
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan tiga daerah pertambangan di Jawa Tengah

Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang :

  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan pengertian keragaman social ekonomi
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya keragaman suku bangsa dan budaya 
  • masyarakat Indonesia
  • Disajikan sebuah soal siawa dapat menyebutkan
  • perbedaan suku bangsa dilihat dari segi fisik
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan asal daerah suku Melayu, Laut dan Batak
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan pengertian dari Bahasa pemersatu bangsa.
  • Disajikan sebuah gambar pakaian adat siswa menyebutkan asal daerah pakaian adat
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan aktifitas ekonomi daerah lepas pantai
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan aktifitas ekonomi daerah lepas pantai
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan asal tari Kecak
  • Disajikan soal siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi agraris .
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan perbedaan keragaman budaya antar suku yang ada di Indonesia
  • Disajikan sebuah soal sebuah soal siswa dapat mneyebutkan nama – nama agama yang ada di Indonesia
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menuliskan pendapat cara yang dilakuakan untuk melestarikan pakaian adat
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris.

 

Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehen sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi :

  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan hasil  kegiatan ekonomi di bidang kerajinan pada masyarakat sekitar pantai
  • Disajikan sebuah soal siswa menyebutkan alasan keragaman sumber daya alam, lingkungan dan pekerjaan dapat memperkaya bangsa Indonesia
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan sebutan untuk orang yang menggunakan suatu produk barang
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menunjukkan pernyataan yang bukan pekerjaan yang menghasilkan jasa
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi berdasarkan corak kehidupan tradisional
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan jenis kegiatan ekonomi dari kegiatan perhubungan yang meliputi darat, laut dan udara
  • Disajikan soal siswa dapat menyebutkan mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern di perkotaan
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan manfaat serat daun nanas bagi manusia
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi berdasarkan corak kehidupan modern
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menuliskan kegiatan ekonomi di daerah lingkungan pedesaan
  • Disajikan sebuah soal siswa dapat menyebutkan pengaruh positif dari adanya kegiatan industry bagi sebagian warga masyarakat.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url