SOAL DAN JAWABAN IKM PINTAR KEMENAG : MATERI PARADIGMA PENDIDIKAN MADRASAH KURIKULUM MERDEKA

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal dan jawaban Materi Perubahan Paradigma dalam Implementasi Kurikulim Merdeka. Saya ingatkan bahwa setiap soal peserta tidak berurutan, tetapi isi dari soal dan jawabannya sama semua, jadi cermati dengan betul dan jawabannya yaitu tulisan yang berformat tebal. 

sebelum melangkah lebih jauh ke soal alangkah baiknya anda harus memahami apa itu Implementasi Kurikulum Merdeka itu.

Implementasi Kurikulum Merdeka adalah pendekatan baru dalam pembelajaran yang diperkenalkan di Indonesia. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur jalannya pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka. Beberapa langkah implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Peningkatan partisipasi siswa: Dalam Kurikulum Merdeka, siswa memiliki peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Guru perlu mendorong partisipasi siswa dengan memberikan kesempatan untuk berbagi pendapat, mengajukan pertanyaan, dan berkontribusi dalam diskusi kelas.

Pembelajaran berbasis proyek: Salah satu aspek penting dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berbasis proyek. Siswa diberikan kesempatan untuk memilih topik atau proyek yang mereka minati, yang kemudian dijelajahi dan dikembangkan secara mandiri atau dalam kelompok. Guru berperan sebagai fasilitator dalam memandu siswa dan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Diversifikasi metode pembelajaran: Kurikulum Merdeka mengakomodasi beragam gaya belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk mengadopsi metode pembelajaran yang beragam, seperti diskusi kelompok, presentasi, penelitian mandiri, kolaborasi, dan eksperimen. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.

Penilaian berbasis kompetensi: Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi siswa. Oleh karena itu, penilaian harus mencerminkan kemajuan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Guru perlu menggunakan berbagai instrumen penilaian yang relevan dan memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka mengembangkan diri.

Keterlibatan orang tua dan masyarakat: Implementasi Kurikulum Merdeka juga melibatkan peran orang tua dan masyarakat dalam mendukung pembelajaran siswa. Orang tua dapat berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, memberikan dukungan, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Sementara itu, masyarakat dapat berkontribusi dengan menyediakan kesempatan magang atau kerja sama dengan sekolah dalam program pengalaman lapangan.

Pengembangan profesional guru: Guru memainkan peran kunci dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan dan pengembangan profesional kepada guru agar mereka siap mengadopsi pendekatan ini. Guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri, mengelola proyek, dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, fleksibilitas dan adaptasi menjadi kunci. Setiap sekolah dan guru dapat menyesuaikan pendekatan ini dengan kondisi dan kebutuhan mereka sendiri. Tujuan utamanya adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang relevan, bermakna, dan memotivasi bagi siswa sehingga mereka dapat mengembangkan potensi penuh mereka dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Saya ingatkan bahwa setiap soal peserta tidak berurutan, tetapi isi dari soal dan jawabannya sama semua, jadi cermati dengan betul dan jawabannya yaitu tulisan yang berformat tebal. 

Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan guru dengan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional. Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti pernyataan berikut...

A. Ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik ada rasa saling kasih sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla Allah SWT.

B. Layanan yang diberikan oleh guru sangat tergantung dan dapat diukur dengan seberapa imbalan yang diterima

C. Hanya dengan ikatan hubungan mahabbah fillah ini antara guru dengan peserta didik saling memengaruhi/menolong sesuai dengan tugas dan fungsi

D. Guru mengajar sangat ditentukan oleh kondisi peserta didik. Jika mereka bersikap baik maka guru akan mudah memberikan pembelajaran

 

 

Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah...

A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah

B. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

C. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah

D. Semua aktivitas prkatik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT

 

 

Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu...

A. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

B. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdifferensiasi

C. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar

D. Memperhatikan karakteristik peserta didik

 

Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pendidikan peserta didik. Agar memiliki berdimensi ukhrawi dan bernilai ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh niat yang baik dan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah...

A. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban agama yang berkonsekuensi surga dan neraka saja

B. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban untuk menjalankan perintah agama sekaligus kewajiban karena adat/peraturan

C. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban karena dasar adat/peraturan yang tidak ada konsekuensi surga-neraka

D. Menjalankan tugas dan fungsi guru merupakan kewajiban sebagai hamba yang beragama dan tidak terkait dengan dunia

 

 

Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar sangat diwajibkan sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...

A. Peserta didik memilih konsentrasi pada mata pelajaran IPS karena pada saatnya akan dapat mengantarkan sukses

B. Hanya pembelajaran yang terkait mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang mengandung nilai ibadah

C. Peserta didik yang memilih peminatan IPA tidak terkait ibadah, jika tidak mau mempelajari ilmu agama

D. Peserta didik yang memilih peminatan IPA bernilai ibadah karena sedang menyiapkan diri menjalanan fardlu kifayah untuk memerankan profesi tertentu

 

 

Praktik pembelajaran berdiferensiasi disiapkan dalam Kurikulum Merdeka disarankan untuk menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin diperbaiki adalah...

A. Proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik supaya terjadi adanya keadilan/objektivitas untuk mereka

B. Memperlakukan peserta didik dalam pembelajaran tanpa memperhatikan tingkat kemampuan, minat, dan kecenderungan peserta didik

C. Praktik pembelajaran dengan perlakuan yang adil dengan guru memberikan tugas yang sama kepada semua peserta didik

D. Praktik kurikulum yang menyamaratakan semua kemampuan peserta didik dalam capaian pembelajaran

 

 

Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah..

A. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

B. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif

C. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peseta didik

D. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi

 

Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis, maka pendidikan di madrasah perlu mengembangkan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...

A. Aktivitas dunia dan akhirat adalah terpisah tidak bisa saling diintegrasikan

B. Semua aktivitas pembelajaran di madrasah tidak ada kaitannya dengan ibadah

C. Peserta didik dibekali ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam

D. Aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi bernilai ibadah

 

 

Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah...

A. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan

B. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik

C. Mengikuti perkembangan tantangan zaman

D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat

 

 

Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada semua pihak. Kemerdekaan tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai berikut...

A. Kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase

B. Adanya asesmen awal yang berfungsi melihat kemampuan peserta didik

C. Kebebasan guru dalam menentukan capaian pembelajaran

D. Sistem implementasi yang mewajibkan antar guru saling berkolaborasi

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url