SOAL DAN JAWABAN IKM PINTAR KEMENAG : MATERI PARADIGMA PENDIDIKAN MADRASAH KURIKULUM MERDEKA
Implementasi Kurikulum Merdeka adalah pendekatan baru dalam
pembelajaran yang diperkenalkan di Indonesia. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk
memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur jalannya
pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka. Beberapa langkah
implementasi Kurikulum Merdeka yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
Peningkatan partisipasi siswa: Dalam Kurikulum Merdeka,
siswa memiliki peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Guru perlu
mendorong partisipasi siswa dengan memberikan kesempatan untuk berbagi
pendapat, mengajukan pertanyaan, dan berkontribusi dalam diskusi kelas.
Pembelajaran berbasis proyek: Salah satu aspek penting dalam
Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berbasis proyek. Siswa diberikan
kesempatan untuk memilih topik atau proyek yang mereka minati, yang kemudian
dijelajahi dan dikembangkan secara mandiri atau dalam kelompok. Guru berperan
sebagai fasilitator dalam memandu siswa dan memberikan dukungan yang
dibutuhkan.
Diversifikasi metode pembelajaran: Kurikulum Merdeka
mengakomodasi beragam gaya belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk
mengadopsi metode pembelajaran yang beragam, seperti diskusi kelompok,
presentasi, penelitian mandiri, kolaborasi, dan eksperimen. Hal ini
memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.
Penilaian berbasis kompetensi: Kurikulum Merdeka menekankan
pada pengembangan kompetensi siswa. Oleh karena itu, penilaian harus
mencerminkan kemajuan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditetapkan. Guru
perlu menggunakan berbagai instrumen penilaian yang relevan dan memberikan
umpan balik konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka mengembangkan diri.
Keterlibatan orang tua dan masyarakat: Implementasi
Kurikulum Merdeka juga melibatkan peran orang tua dan masyarakat dalam
mendukung pembelajaran siswa. Orang tua dapat berpartisipasi dalam kegiatan
sekolah, memberikan dukungan, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.
Sementara itu, masyarakat dapat berkontribusi dengan menyediakan kesempatan
magang atau kerja sama dengan sekolah dalam program pengalaman lapangan.
Pengembangan profesional guru: Guru memainkan peran kunci
dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, penting untuk memberikan
pelatihan dan pengembangan profesional kepada guru agar mereka siap mengadopsi
pendekatan ini. Guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai
dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri, mengelola proyek, dan
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, fleksibilitas dan
adaptasi menjadi kunci. Setiap sekolah dan guru dapat menyesuaikan pendekatan
ini dengan kondisi dan kebutuhan mereka sendiri. Tujuan utamanya adalah
memberikan pengalaman pembelajaran yang relevan, bermakna, dan memotivasi bagi
siswa sehingga mereka dapat mengembangkan potensi penuh mereka dan siap
menghadapi tantangan di masa depan.
|
Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan
guru dengan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional.
Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti pernyataan berikut... |
|
A. Ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik
ada rasa saling kasih sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla
Allah SWT. B. Layanan yang diberikan oleh guru sangat tergantung dan dapat diukur
dengan seberapa imbalan yang diterima C. Hanya dengan ikatan hubungan mahabbah fillah ini antara guru dengan
peserta didik saling memengaruhi/menolong sesuai dengan tugas dan fungsi D. Guru mengajar sangat ditentukan oleh kondisi peserta didik. Jika
mereka bersikap baik maka guru akan mudah memberikan pembelajaran |
|
Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus
ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan
di madrasah adalah memperkuat
nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah... |
|
A. Nilai
spiritual keagamaan mewarnai
cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah B. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan
secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target C. Madrasah mengajarkan pendidikan agama
Islam lebih banyak dari pada di sekolah D. Semua
aktivitas prkatik pendidikan di madrasah diorientasikan
dalam konteks beribadah kepada Allah SWT |
|
Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum
Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan
pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu... |
|
A. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran B. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdifferensiasi C. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar D. Memperhatikan karakteristik peserta didik |
|
Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan
pendidikan peserta didik. Agar memiliki berdimensi ukhrawi dan bernilai
ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh niat yang baik dan
dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut
adalah... |
|
A. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban agama yang
berkonsekuensi surga dan neraka saja B. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban untuk menjalankan
perintah agama sekaligus kewajiban karena adat/peraturan C. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban karena dasar
adat/peraturan yang tidak ada konsekuensi surga-neraka D. Menjalankan tugas dan fungsi guru merupakan kewajiban sebagai hamba
yang beragama dan tidak terkait dengan dunia |
|
Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar
sangat diwajibkan sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT.
Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah... |
|
A. Peserta didik memilih konsentrasi pada mata pelajaran IPS karena pada
saatnya akan dapat mengantarkan sukses B. Hanya pembelajaran yang terkait mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab
yang mengandung nilai ibadah C. Peserta didik yang memilih peminatan IPA tidak terkait ibadah, jika
tidak mau mempelajari ilmu agama D. Peserta didik yang memilih peminatan IPA bernilai ibadah karena sedang
menyiapkan diri menjalanan fardlu kifayah untuk memerankan profesi tertentu |
|
Praktik pembelajaran berdiferensiasi disiapkan dalam Kurikulum Merdeka
disarankan untuk menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama
ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin diperbaiki adalah... |
|
A. Proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik
supaya terjadi adanya keadilan/objektivitas untuk mereka B. Memperlakukan peserta didik dalam pembelajaran tanpa memperhatikan
tingkat kemampuan, minat, dan kecenderungan peserta didik C. Praktik pembelajaran dengan perlakuan yang adil dengan guru memberikan
tugas yang sama kepada semua peserta didik D. Praktik kurikulum yang menyamaratakan semua kemampuan peserta didik
dalam capaian pembelajaran |
|
Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan
karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21
yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak
menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan
konsep tersebut adalah.. |
|
A. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum B. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan
kreatif C. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peseta didik D. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi |
|
Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis,
maka pendidikan di madrasah perlu mengembangkan proses pendidikan yang
memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut
adalah... |
|
A. Aktivitas dunia dan akhirat adalah terpisah tidak bisa saling
diintegrasikan B. Semua aktivitas pembelajaran di madrasah tidak ada kaitannya dengan
ibadah C. Peserta didik dibekali ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam D. Aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi
bernilai ibadah |
|
Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap
menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena
itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting
perubahan kurikulum adalah... |
|
A. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan B. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik C. Mengikuti perkembangan tantangan zaman D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat |
|
Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada
semua pihak. Kemerdekaan tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai
berikut... |
|
A. Kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase B. Adanya asesmen awal yang berfungsi melihat kemampuan peserta didik C. Kebebasan guru dalam menentukan capaian pembelajaran D. Sistem implementasi yang mewajibkan antar guru saling berkolaborasi |
