tips dan trik cara mengatasi sepeda motor brebet dan susah hidup



Sebenarnya ada 3 Penyebab utama motor brebet yaitu bahan bakar, udara dan pengapian. Untuk mengetahui apa saja yang harus di cek ketika motor brebet silahkan pantengin terus blog ini. 

1. Bahan bakar 

Cek aliran bahan bakar dari tangki bensin apabila alirannya kencang berarti lancar, walaupun lancar kita harus cek bagaimana kualitas bahan bakar tersebut apakah tercampur dengan air ataupun oli, jika tercampur dengan air, oli ataupun kotoran segeralah kuras tangki motor, dan jangan lupa buka karburatornya juga untuk di bersihkan karena sangat mempengaruhi kerja karbuator. 

Apabila alirannya tidak lancar berarti ada masalah pada tangki bensin tersebut apakah tangki kotor ataupun dari filter bensin yang bermasalah ataupun mampet karena tersumbat kotoran. Oleh sebab itu sering-seringlah kuras tangki bahan bakar dan selalu pakai bahan bakar yang berkualitas. 


2. Filter udara 

Cek bagian filter udara. Sesuai dengan namanya, filter udara memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Udara yang digunakan dalam proses pembakaran harus benar-benar bersih sehingga tidak tersumbat di karburator. Apabila filter udara kotor silahkan bersihkan ataupun bila sudah rusak ganti saja. 


3. Busi 

Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang di salurkan oleh koil menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara. Untuk busi apabila sudah lama tidak di ganti alangkah baiknya diganti saja, waktu yang tepat untuk ganti busi yaitu ketika sudah memasuki masa tempuh +-6000 km. Sebenarnya masalah pada busi ini banyak sekali bisa dilihat dari warna busi, tapi lain kali saja akan kita bahas. 


4. Pengapian 

Selain bahan bakar, suplai pengapian ini juga sangat berpengaruh pada penyakit brebet ini, cara ngeceknya yaitu buka cop busi kemudian tempelkan kabel koil pada bodi mesin (massa) lalu nyalakan sepeda motor dengan cara kick starter atau di starter langsung apabila percikannya besar berarti pengapian normal, jika percikannya kecil maka ada masalah pada CDI, KOIL, Kiprok (regulator) ataupun spull yang lemah. Apabila komponen di atas sudah di cek semua dan sepeda motor masih brebet maka cek komponen yang terakhir yaitu karburator 


5. Karburator 

Karburator merupakan elemen penting dalam sepeda motor. Karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dan udara dengan ukuran yang tepat untuk selanjutnya di salurkan ke ruang bakar dalam bentuk kabut. 


Langkah yang pertama setel dulu setelan angin pada karburator caranya hidupkan sepeda motor lalu setel langsam ke putaran tinggi lalu putar baut setelan angin sampai mentok, selanjutnya kendorkan kira kira satu setengah sampai dua putaran. 

Apabila langkah tsb sudah di lakukan dan sepeda motor masih brebet maka buka karburator motor anda, bersihkan dengan menggunakan karbu cleaner ataupun bensin dan jangan lupa lepas semua komponen karburator seperti pelampung, jarum pelampung, main jet, pilot jet dan setelan angin. 

Cek juga apakah lubang pada main jet dan pilot jet tersumbat, terlalu besar ataupun terlalu kecil. Bila terlalu kecil segeralah ganti parkit karburator dengan yang baru. 

Dan jangan lupa gaes periksa packing pada karburator yang menghubungkan ke manifold apakah sudah rusak atau bantat, ini juga sangat berpengaruh. 


Terima kasih gaes yang sudah berkunjung, intinya apabila sepeda motor kalian brebet cek komponen tersebut satu persatu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url