Kisi-kisi PAT IPA Semester genap kelas 4
Selamat datang di
blog saya, Berikut akan saya paparkan mengenai soal-soal PAT Kelas 4 semester
genap. Simak baik-baik, semoga mendapatkan nilai yang memuaskan.
Materi Pokok :
Metamorphosis
sempurna dan tidak sempurna
Pelestarian hewan
dan tumbuhan
Membandingkan
siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya
pelestariannya.
Mengidentifikasi
macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi, dan gaya gesekan.
Menghubungkan gaya
dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari
Kisi-kisi soal :
Metamorphosis sempurna dan tidak sempurna :
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian metamorphosis.
- Peserta didik dapat menentukan hewan yang mengalami metamorphosis sempurna/tidak sempurna
- Peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan metamorphosis kupu-kupu yang bermanfaat bagi petani
- Peserta didik dapat menentukan cara hidup salah satu tahapan metamorphosisi nyamuk
- Peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan metamorphosis katak yang bermanfaat bagi manusia
- Peserta didik dapat menentukan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya bagi manusia
- Disajikan gambar metamorphosis belalang. Peserta didik dapat menentukan fase yang bermanfaat/merugikan petahi
- Peserta didik dapat menentukan tahapan metamorphosis kupu-kupu dan manfaatnya
Pelestarian
hewan dan tumbuhan :
- Peserta didik dapat menentukan pengertian cagar alam/hutan lindung/suwaka margasatwa
- Peserta didik dapat menentukan salah satu upaya pelestarian alam
- Peserta didik dapat menentukan pengertian dari Recycle/ reduce/reuse
- Peserta didik dapat menjelaskan beberapa usaha pelestarian sumberdaya air
Macam-macam
gaya :
- Disajikan pernyataan tentang salah satu permainan. Peserta didik dapat menentukan gaya yang digunakannya
- Disajikan gambar permainan. Peserta didik dapat menentukan gayanya
- Disajikan pernyataan percobaan tentang salah satu gaya, peserta didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap benda
- Peserta didik dapat menentukan nama penemu salah satu gaya
- Peserta didik dapat menentukan benda-benda magnetic/non magnetic
- Disajikan pernyataan tentang pengunaan salah satu gaya. Peserta didik dapat menentukan gaya yang digunakannya
- Peserta didik dapat menentukan perubahan energi pada pengunaan salah satu barang elektronik yang ada disekitar kita
- Peserta didik dapat menentukan salah satu bagian magnet
- Disajikan pernyataan tentang pengunaan salah satugaya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat menentukan nama gayanya
- Peserta didik dapat menentukan usaha untuk memperbrsar/memperkrcil gaya gesek
- Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap benda
Hubungan
antara gaya dan gerak :
- Peserta didik dapat menentukan salah satu pengaruh gaya pada benda bergerak
- Disajikan pernyataan tentang pekerjaan yang mengunakan salah satu gaya. Peserta didik dapat menentukan pengaruhnya
- Disajikan gambar pengunaan salah satu gaya. Peserta didik dapat menentukan pengaruhnya
- Disajikan pernyataan tentang pengunaan gaya dalam air. Peserta didik dapat menentukan jenis gaya yang mempengaruhinya
- Disajikan beberapa pekerjaan yang mengunakan gaya. Peserta didik dapat menentukan gaya yang digunakannya
- Disajikan gambar pengunaan salah satu gaya. Peserta didik dapat menentukan nama gayanya
- Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh gaya menyebabkan benda berubah arah dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik dapat menentukan beberapa aktivitas yang mengunakan/tidak mengunakan gaya
- Peserta didik dapat menentukan beberapa factor yang mempengaruhi/tidak mempengaruhi gaya
- Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar/salah tentang pengaruh gaya
- Peserta didik dapat mengambar model jungkat-jungkit beserta bagian-bagiannya
Sumber
energi :
- Peserta didik dapat menentukan sumber energi terbesar/terkecil di bumi
- Peserta didik dapat menentukan pembangkit listrik yang tepat/tidak tepat pada daerah yang terkena sinar matahari sepanjang tahun
Energi alternatif :
- Peserta didik dapat menentukan salah satu bahan bakar alternatif penganti bensin.
- Peserta didik dapat menentukan pembentukan salah satu bahan bakar alternatif
- Disajikan pernyataan tentang pengunaan salah satu sumber energi peserta didik dapat menentukan energi alternatif pengantinya
Penghematan energi :
- Disajikan beberapa gambar pembangkit listrik. Peserta didik dapat menentukan sumber energi yang digunakannya
- Peserta didik dapat menentukan salah satu cara menghemat sumber energi fosil dan minyak bumi.
- Peserta didik dapat menentukan salah satu sebab/ akibat dari siklus air
- Peserta didik dapat menentukan salah satu cara menghemat air
- Peserta didik dapat menentukan salah satu cara menghemat energi di rumah
- Peserta didik dapat menjelaskan cara kerja dari panel surya
Terimakasih semoga bermanfaat.
