Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar


Pengertian Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

    Dalam Kamus Bahasa Inggris istilah lingkungan ini cukup beragam, diantaranya circle, area, surroundings, sphere, domain, range, dan environment, yang artinya kurang lebih berkaitan dengan keadaan atau segala sesuatu yang ada di sekitar atau sekeliling. Dalam literature lain disebutkan bahwa lingkungan itu merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya  serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan ini terdiri dari unsur-unsur biotik (makhluk hidup),  abiotik (benda mati), dan budaya manusia.

Jadi, lingkungan sebagai sumber belajar adalah suatu tempat atau ruangan yang terdiri dari makhluk hidup dan benda mati yang dimanfaatkan manusia untuk belajar sehingga tercipta budaya manusia.

    Menurut Hasbullah (2005 : 46) 

“Lingkungan sekolah dipahami sebagai lembaga pendidikan formal, teratur, sistematis, bertingkat dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas dan ketat (mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi)”. Lingkungan sekolah adalah seluruh komponen atau bagian yang terdapat didalam sekolah, yang mana seluruh komponen dan bagian tersebut ikut berpengaruh dan menunjang dalam proses pencapaian tujuan pendidikan yang ada di sekolah. 

    Secara garis besar lingkungan sekolah sangatlah berpengaruh terhadap sebuah proses pembelajaran bagi anak didik, karena bagaimanapun lingkungan sekitar digunakan sebagai alat dalam proses pendidikan.

    Lingkungan yang ada di sekitar sekolah adalah salah satu sumber yang dapat di manfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar secara optimal. Pentingnya lingkungan sebagai sumber belajar untuk peserta didik adalah memberi kesempatan anak untuk mendapatkan pengetahuan dan memperkaya pengetahuannya. Dalam hal ini lingkungan menfasilitasi anak untuk menyalurkan keingintahuannya terhadap banyak hal. Apabila mengajar dengan menggunakan lingkungan tersebut sebagai sumber belajarnya maka hal itu akan lebih bermakna dan bernilai, sebab para siswa diharapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, keadaan yang dialami sehingga lebih nyata, lebih faktual, dan kebenarannya lebih dapat di pertanggungjawabkan.

    Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari lingkungan sebagai sumber belajar, seperti yang di jelaskan oleh Sudjana (2010 : 208), lingkungan memiliki keuntungan sebagai berikut :

Manfaat Lingkungan

  1. Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan ketika siswa duduk di kelas berjam-jam, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi.
  2. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.
  3. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.
  4. Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan atau menegaskan, menguji fakta, dan lain-lain.
  5. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari bisa beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam, lingkungan buatan, dan lain-lain.
  6. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan disekitarnya, serta dapat memupuk cinta kasih sayang terhadap lingkungan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url