Kelebihan dan Kekurangan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

 


Lingkungan sekolah sebagai benda nyata yang dijadikan sebagai sumber belajar memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain:


Kelebihan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

  1. Dapat memberikan semaksimal mungkin pada peserta didik untuk melaksanakan tugas-tugas nyata, tugas simulasi dan mengurangi transfer belajar.
  2. Dapat memperlihatkan sebagian atau seluruh rangsangan yang relevan, dengan biaya yang sedikit.
  3. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami dan melatih keterampilan manipulasi mereka dengan menggunakan indera peraba.
  4. Memudahkan pengukuran penampilan peserta didik, bila ketangkasan fisik atau koordinasi diperlukan dalam pekerjaan.


Kekurangan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar 

  1. Tidak selalu dapat memberikan semua gambaran dari obyek yang sebenarnya, seperti pembesaran, pemotongan, dan wujud bagian demi bagian, sehingga pengajaran harus didukung dengan media.
  2. Seringkali sulit mendapatkan tenaga ahli untuk menangani latihan kerja.
  3. Sulit mengontrol hasil belajar, karena konflik-konflik yang mungkin terjadi dengan lingkungan sekolah.
  4. Ada kesan dari guru dan siswa bahwa kegiatan mempelajari lingkungan memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menghabiskan waktu untuk belajar di kelas.


    Dari sumber lain menyatakan menyatakan bahwa sekolah terbuka mempunyai beberapa kelebihan yaitu, siswa berada pada lingkungan pendidikan yang lebih baik dan senang karena memiliki pengajar yang memberikan lebih banyak kebebasan, serta dapat bekerja dan berinteraksi dalam berbagai variasi kelompok atau lingkungan. Mereka juga merasakan suasana keterbukaan di antara para pengajar dan memiliki kebersamaan yang lebih baik. Para siswa mempunyai  rasa memiliki yang lebih besar terhadap sekolah dan menunjukkan sikap sangat positif terhadap semua hal yang berkaitan dengan sekolah tersebut.


    Sekolah terbuka juga memiliki kekurangan yaitu, para siswa memiliki gangguan yang lebih banyak seperti suasana yang ribut, gangguan visual dan sebagainya. Guru dan siswa juga kurang mampu mengontrol lingkungan sekitar mereka sehingga berbagai cara diupayakan agar dapat mengurangi efek negatif yang timbul dari sekolah seperti memberi pembatas-pembatas ruang (partisi) dan menyusun perabot (lay out furniture) yang menunjukkan teritorial kelas.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url