Kisi-kisi PAS ASWAJA Kelas X semester ganjil SMA/MA/SMK
KARTU SOAL PENILAIAN
AKHIR SEMESTER 1
Kurikulum 2013
TAHUN PELAJARAN
2021/2022
Guru Bidang study : SARTONO, M.Pd.I
Mata Pelajaran : KE-NU-AN
Kelas / Program : X / MIPA, IPS
Semester : GANJIL
Tahun Pelajaran : 2021/2022
|
Kompetenasi
Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Level Kognitif |
Nomor Soal |
Butir Soal |
Kunci
jawaban |
|
Mendeskripsikan pondok pesantren dan hubungannya
dengan NU |
Siswa mampu menjelaskan tentang pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
L1 |
1. |
Kata pondok yang berarti ruang tidur, wismaatau hotel sederhana
berasal dari bahasa Arab .... a.
Khondaq b.
Funduq c.
Pundak d.
Qodzaf e.
Qodla |
b |
|
Mendeskripsikan pondok pesantren dan hubungannya
dengan NU |
Siswa mampu menjelaskan tentang pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
L1 |
2. |
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali
didirikan oleh Syech Maulana Malik Ibrahim yang terkenal dengan julukan “Spiritual
Father”. Apa arti dari julukan tersebut .… a.
Para normal b.
Bapak
Spiritual Walisongo c.
Bapak Bupati d.
Bapak Islam e.
Guru
Spiritual Walisongo |
b |
|
Menceritakan
kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
Siswa
mampu mengklasifikasikan jenis pesantren |
` L2 |
3. |
Pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik
(kitab kuning) sebagai inti pendidikan pesantren tanpa mengenalkan pengajaran
pengetahuan umumya itu pengertian dari .... a.
Pondok modern b.
Pondok
pedalaman c.
Pondok
perkotaan d.
Pesantren
salaf e.
Pesantren
khalaf |
d |
|
Menceritakan
kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
Siswa
mampu menganalisis macam-macam metode pengajaran di pesantren |
L2 |
4. |
Metode yang digunakan oleh kiai di pondok pesantren dengan cara
membaca, menerjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah
pikirannya disebut .… a.
Musyawarah b.
Bahsul Masail c.
Sorogan d.
Bandongan e.
Takror |
d |
|
Menceritakan
kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
Siswa
mampu menganalisis peran pesantren |
L3 |
5. |
Pondok pesantren berhasil mencetak para kader yang menguasai
dalam bidang agama dan mampu berkhidmad kepada masyarakat, menyebarkan agama
demi terwujudnya izzul Islam wal muslimin merupakan…. a.
Peran pondok
sebagai lembaga dakwah b.
Peran pondok
sebagai pengabdian masyarakat c.
Peran pondok sebagai
lembaga pendidikan d.
Peran pondok
sebagai lembaga masyarakat e.
Peran pondok
sebagai penyalur tenaga kerja |
a |
|
Menceritakan
kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
Siswa
mampu menganalisis macam-macam metode pengajaran di pesantren |
L2 |
6. |
Pesantren khalaf adalah pesantren yang telah memasukan
pelajaran-pelajaran umum dalam madrasah yang dikembangkan secara klasikal. Di
bawah ini yang merupakan metode yang di pakai di Pesantren Khalaf adalah.… a.
Presentasi b.
Sorogan c.
Metode
klasikal d.
Hafalan e.
Ceramah |
c |
|
Menjelaskan
sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganalisis tentang wawasan IPNU-IPPNU |
L2 |
7 |
Memantapkan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya
manusia yang terdidik dalam organisasi IPNU – IPPNU termasuk ke dalam
wawasan…. a.
Keislaman b.
Keilmuan c.
Keterpelajaran d.
Kebangsaan e.
Kekaderan |
c |
|
Menjelaskan
sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang sejarah IPNU-IPPNU |
L2 |
8. |
IPNU didirikan sebagai badan otonom NU untuk organisasi bagi
pelajar dan santri pada tanggal …. a.
22 Februari
1954 b.
23 Februari
1954 c.
24 Februari
1954 d.
25 Februari
1954 e.
26 Februari
1954 |
c |
|
Menjelaskan
sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU |
L2 |
9. |
Pandangan IPNU – IPPNU yang dijiwai oleh asas demokratis,
mengakui keanekaragaman sosial budaya, menjunjung tinggi persatuan dan
kesatuan, menghargai harkat dan martabat manusia, serta memiliki sikap dan
kepedulian terhadap nasib bangsa dan Negara merupakan wawasan .… a.
Keislaman b.
Keilmuan c.
Kebangsaan d.
Keterpelajaran
e.
Kekaderan |
c |
|
Menjelaskan
sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU |
L3 |
10 |
Di bawah ini termasuk nilai-nilai dasar IPNU – IPPNU, kecuali
.... a.
Menjunjung
tinggi nilai dan norma ajaran Islam b.
Mendahulukan
kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi c.
Menjujung
tinggi sifat keikhlasan dalam berjuang d.
Menjunjung
tinggi persaudaraan, persatuan serta kasih sayang e.
Hidup
berdampingan bersama warga |
e |
|
Menjadi
anggota IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU |
L3 |
11 |
Struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU di sekolah atau madrasah
maupun di pondok pesantren adalah .… a.
Pimpinan
wilayah b.
Pimpinan
cabang c.
Pimpinan anak
cabang d.
Pimpinan ranting e.
Pimpinan
komisariat |
e |
|
Menjadi
anggota IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU |
L2 |
12 |
Pendidikan pengkaderan IPNU – IPPNU bagi anggota yang baru adalah
…. a.
Latihan kader
muda b.
Latihan kader
madya c.
Latihan kader
utama d.
Latihan
pelatih e.
Masa
kesetiaan anggota |
e |
|
Menjadi
anggota IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU |
L3 |
13 |
Perhatikan pernyataan berikut! 1)
Menambah
wawasan kepemimpinan 2)
Menurunkan
harkat dan martabat manusia 3)
Melatih
kemandirian hidup 4)
Menjadikan
pribadi yang tangguh dalam mempertahankan NKRI 5)
Menyelam
sambil minum air Dari lima pernyataan diatas, yang
berkaitan dengan manfaat bergabung di organisasi IPNU – IPPNU adalah …. a.
1, 3 dan 4 b.
2, 3 dan 4 c.
1, 3 dan 5 d.
1, 3, 4dan 5 e.
1, 2, 3 dan 4 |
A |
|
Memahami
doa qunut subuh dan rujukan dalilnya |
Siswa
mampu menganalisis pengertian, dalil qunut |
L2 |
14 |
Do’a yang dibaca pada rakaat kedua setelah I’tidal dan sebelum
sujud dalam shalat subuh disebut.... a.
Do’a iftitah b.
Do’a tarawih c.
Do’a witir d.
Do’a qunut e.
Do’a sapu
jagad |
D |
|
Memahami
doa qunut subuh dan rujukan dalilnya |
Siswa
mampu menganalisis pengertian, dalil qunut |
L3 |
15 |
مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ
حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه الدارقطني) Hadits di atas merupakan dalil dalam pelaksanaan do’a .... a.
Minta hujan b.
Sapu jagad c.
Qunut witir d.
Qunut Shubuh e.
Qunut nazilah |
d |
|
Memahami
doa qunut subuh dan rujukan dalilnya |
Siswa
mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut |
L1 |
16 |
Hukum membaca do’a qunut baik shalat subuh, witir maupun nazilah
bagi umat Islam menurut Imam Syafi’I adalah .... a.
Wajib b.
Makruh c.
Mubah d.
Sunah e.
Haram |
d |
|
Memahami
doa qunut subuh dan rujukan dalilnya |
Siswa
mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut |
L2 |
17 |
Sejarah qunut dalam shalat subuh yang pertama kali melakukan
adalah.... a.
Abu bakar
shidiq b.
Rasulullah
SAW. c.
Umar bin
khatab d.
Usman bin
affan e.
Ali bin abi
thalib |
b |
|
Mempraktekkan
doa qunut shalat subuh |
Siswa
mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut |
L2 |
18 |
اَللّٰهُمَّ
اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَا فَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ
فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ. الخ Do’a di atas adalah bacaan …. a.
Wirid b.
Qunut c.
Tahlil d.
Tasbih e.
Takbir |
b |
|
Memahami
doa qunut subuh dan rujukan dalilnya |
Siswa
mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut |
L2 |
19 |
Bacaan qunut yang dilakukan umat Islam warga NU setelah tanggal
15 Ramadhan disebut qunut .… a.
Witir b.
Nazilah c.
Subuh d.
Wirid e.
Dzikir |
a |
|
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
L1 |
20 |
Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah .... a.
Kerajaan
Demak b.
Kerajaan
Majapahit c.
Kerajaan
Banten d.
Kerajaan
Samudra Pasai e.
Kerajaan Aceh
|
d |
|
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
L2 |
21 |
Pada
awalnya agama Islam di sebarkan di Indonesia melalui jalur perdagangan pada
abad ke.... a.
11 b.
8 c.
12 d.
6 e.
7 |
e |
|
Melakukan
rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis teori sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
L2 |
22 |
Di bawah ini 3 teori yang di kemukakan oleh
ahli sejarah mengenai asal-usul kedatangan agama Islam di Indonesia yaitu…. a.
Teori Gujarat,
Persia, Arab b.
Teori Timur
tengah, Gujarat, Arab c.
Teori Arab, Asia,
India d.
Teori Asia, Arab,
Maroko e.
Teori China,
Timur tengah, India |
a |
|
Melakukan
rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis penyebaran Agama Islam di Indonesia |
L2 |
23 |
Di Jawa penyebaran Agama Islam di lakukan oleh mubaligh
profesional yang terkenal dengan istilah .... a.
Forum DA’I
Nasional b.
Wali Songo c.
Para
Bangsawan d.
Para petinggi
kerajaan e.
Para Begawan |
b |
|
Melakukan
rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis penyebaran Agama Islam di Indonesia |
L2 |
24 |
Pada masa permulaan, Faham Islam yang berkembang di Indonesia
adalah.... a.
Assunnah
WalJama’ah b.
Ahlu Jama’ah
wal Sunnah c.
Salafiyah d.
Ahlussunnah
Wal Jama’ah e.
Animisme |
d |
|
Menceritakan
sejarah tradisi Islam Indonesia |
Siswa
mampu memahami metode berdakwah jaman dulu |
L2 |
25 |
Dalam berdakwah dan menjumpai suatu adat istiadat yang dilakukan
masyarakat serta serta bertentangan dengan ajaran islam, maka para muballigh
zaman dahulu.... a.
Melanjutkan
adat istiadat tersebut b.
Meluruskan
adat istiadat itu secara bertahap c.
Meneruskan
adat istiadat tersebut dengan diberi nafas Islam d.
Mengesampingkan
adat istiadat tersebut e.
Menolak
adat istiadat tersebut tanpa ragu |
c |
ESSAY
|
Kompetensi
dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Level
kognitif |
Nomor
soal |
Butir
soal |
Kunci
jawaban |
|
Menceritakan
kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU |
Siswa
mampu menjelaskan Pondok Pesantren |
L3 |
1 |
Ada banyak peranan pesantren di berbagai bidang dalam kehidupan
di tengah masyarakat, jelaskan peranan pesantren sebagai lembaga pendidikan |
Pesantren
sebagai lembaga pendidikan, secara umum bertanggung jawab terhadap proses
pencerdasan bangsa sebagai seorang mukmin sejati yang mempunyai kualitas
moral dan intelektual. Secara khusus pesantren bertanggungjawab terhadap
kelangsungan tradisi agama Islam. |
|
Menjelaskan
sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU |
Siswa
mampu memahami tingkat kepengurusan IPNU-IPPNU |
L3 |
2 |
Keberadaan IPNU – IPPNU sebagai organisasi badan otonom NU lainnya,
sudah menyebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu struktur kepemimpinan
IPNU – IPPNU ada di seluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai
daerah-daerah. Tuliskan secara lengkap tingkat kepengurusan IPNU – IPPNU dari
pusat hingga di tingkat satuan pendidikan ! |
-
Pimpinan Pusat (PP IPNU/ PP IPPNU) -
Pimpinan Wilayah (PW IPNU / PW IPPNU) -
Pimpinan Cabang (PC IPNU/ PC IPPNU) -
Pimpinan Anak Cabang (PAC IPNU / PAC IPPNU) -
Pimpinan Ranting (PR IPNU / PR IPPNU) -
Pimpinan komisariat (PK IPNU/ PK IPPNU) |
|
Mempraktekkan
doa qunut shalat subuh |
Siswa
mampu memahami tata cara dalam melaksanakan qunut shubuh |
L3 |
3 |
Beberapa hal mengenai tata cara yang perlu dilakukan umat Islam
dalam melaksanakan do’a qunut, sebutkan tata cara dalam melaksanakan do’a
qunut shalat subuh ! |
1.
Mengangkat kedua tangan 2.
Membaca doa qunut setelah selesai membaca doa iktidal secara sempurna 3.
Apabila doa qunut dibaca dalam shalat subuh sendirian, maka semua lafal
dibaca “ni “ 4. Dan
apabila doa qunut shalat subuh dibaca oleh seorang imam, maka semua lafal
yang dibaca “ni” dirubah menjadi “na” 5. Ketika
doa qunut salat subuh dibaca oleh imam, maka jamaah mengucapkan “amin” 6.
Setelah selesai membaca doa qunut shalat subuh, baik imam maupun makmum
mengusapkan kedua tangan ke muka |
|
Melakukan
rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu menganalisis strategi penyebaran Islam di Indonesia |
|
4 |
Strategi penyebaran Agama Islam di Indonesia di lakukan dalam
berbagai media atau jalan, sebutkan 5 saja ! |
1. Perdagangan 2. Pernikahan 3. Politik 4. Kesenian 5. Pendidikan
|
|
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Siswa
mampu memahami perkembangan agama Islam di Indonesia |
|
5 |
Mengapa Agama Islam berkembang pesat dan mudah di terima oleh
masyarakat Indonesia ? |
1. Agama Islam bersifat terbuka, sehingga penyiaran dan
pengajaran agama Islam dapat dilakukan oleh setiap orang Islam. 2. Penyebaran Agama Islam dilakukan dengan cara damai. 3. Islam tidak mengenal diskriminasi dan tidak membedakan
kedudukan seseorang dalam masyarakat. 4. Perayaan-perayaan dalam agama Islam dilakukan dengan
sederhana. |