Kisi-kisi PAS ASWAJA Kelas X semester ganjil SMA/MA/SMK

KARTU SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1

Kurikulum 2013

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Guru Bidang study : SARTONO, M.Pd.I

Mata Pelajaran       : KE-NU-AN

Kelas / Program     : X / MIPA, IPS

Semester                : GANJIL

Tahun Pelajaran     : 2021/2022

Kompetenasi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Level Kognitif

Nomor Soal

Butir Soal

Kunci jawaban

Mendeskripsikan pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menjelaskan tentang pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

L1

1.

Kata pondok yang berarti ruang tidur, wismaatau hotel sederhana berasal dari bahasa Arab ....

a.    Khondaq

b.    Funduq

c.    Pundak

d.    Qodzaf

e.    Qodla

b

Mendeskripsikan pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menjelaskan tentang pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

L1

2.

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali didirikan oleh Syech Maulana Malik Ibrahim yang terkenal dengan julukan “Spiritual Father”. Apa arti dari julukan tersebut .…

a.    Para normal

b.    Bapak Spiritual Walisongo

c.    Bapak Bupati

d.    Bapak Islam

e.    Guru Spiritual Walisongo

b

Menceritakan kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu mengklasifikasikan jenis pesantren

` L2

3.

 

Pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik (kitab kuning) sebagai inti pendidikan pesantren tanpa mengenalkan pengajaran pengetahuan umumya itu pengertian dari ....

a.    Pondok modern

b.    Pondok pedalaman

c.    Pondok perkotaan

d.    Pesantren salaf

e.    Pesantren khalaf

 

d

Menceritakan kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menganalisis macam-macam metode pengajaran di pesantren

L2

4.

Metode yang digunakan oleh kiai di pondok pesantren dengan cara membaca, menerjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut .…

a.    Musyawarah

b.    Bahsul Masail

c.    Sorogan

d.    Bandongan

e.    Takror

 

d

Menceritakan kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menganalisis peran pesantren

L3

5.

Pondok pesantren berhasil mencetak para kader yang menguasai dalam bidang agama dan mampu berkhidmad kepada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya izzul Islam wal muslimin merupakan….

a.    Peran pondok sebagai lembaga dakwah

b.    Peran pondok sebagai pengabdian masyarakat

c.    Peran pondok sebagai lembaga pendidikan

d.    Peran pondok sebagai lembaga masyarakat

e.    Peran pondok sebagai penyalur tenaga kerja

a

Menceritakan kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menganalisis macam-macam metode pengajaran di pesantren

L2

6.

Pesantren khalaf adalah pesantren yang telah memasukan pelajaran-pelajaran umum dalam madrasah yang dikembangkan secara klasikal. Di bawah ini yang merupakan metode yang di pakai di Pesantren Khalaf adalah.…

a.    Presentasi

b.    Sorogan

c.    Metode klasikal

d.    Hafalan

e.    Ceramah

c

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganalisis tentang wawasan IPNU-IPPNU

L2

7

Memantapkan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia yang terdidik dalam organisasi IPNU – IPPNU termasuk ke dalam wawasan….

a.    Keislaman

b.    Keilmuan

c.    Keterpelajaran

d.    Kebangsaan

e.    Kekaderan

c

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang sejarah IPNU-IPPNU

L2

8.

IPNU didirikan sebagai badan otonom NU untuk organisasi bagi pelajar dan santri pada tanggal ….

a.    22 Februari 1954

b.    23 Februari 1954

c.    24 Februari 1954

d.    25 Februari 1954

e.    26 Februari 1954

c

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU

L2

9.

Pandangan IPNU – IPPNU yang dijiwai oleh asas demokratis, mengakui keanekaragaman sosial budaya, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, menghargai harkat dan martabat manusia, serta memiliki sikap dan kepedulian terhadap nasib bangsa dan Negara merupakan wawasan .…

a.    Keislaman

b.    Keilmuan

c.    Kebangsaan

d.    Keterpelajaran

e.    Kekaderan

c

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU

L3

10

Di bawah ini termasuk nilai-nilai dasar IPNU – IPPNU, kecuali ....

a.    Menjunjung tinggi nilai dan norma ajaran Islam

b.    Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi

c.    Menjujung tinggi sifat keikhlasan dalam berjuang

d.    Menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan serta kasih sayang

e.    Hidup berdampingan bersama warga

e

Menjadi anggota IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU

L3

11

Struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU di sekolah atau madrasah maupun di pondok pesantren adalah .…

a.    Pimpinan wilayah

b.    Pimpinan cabang

c.    Pimpinan anak cabang

d.    Pimpinan ranting

e.    Pimpinan komisariat

e

Menjadi anggota IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU

L2

12

Pendidikan pengkaderan IPNU – IPPNU bagi anggota yang baru adalah ….

a.    Latihan kader muda

b.    Latihan kader madya

c.    Latihan kader utama

d.    Latihan pelatih

e.    Masa kesetiaan anggota

e

Menjadi anggota IPNU-IPPNU

Siswa mampu menganlisis tentang wawasan, pandangan IPNU-IPPNU

L3

13

Perhatikan pernyataan berikut!

1)   Menambah wawasan kepemimpinan

2)   Menurunkan harkat dan martabat manusia

3)   Melatih kemandirian hidup

4)   Menjadikan pribadi yang tangguh dalam mempertahankan NKRI

5)   Menyelam sambil minum air

Dari lima pernyataan diatas, yang berkaitan dengan manfaat bergabung di organisasi IPNU – IPPNU adalah ….

a.    1, 3 dan 4

b.    2, 3 dan 4

c.    1, 3 dan 5

d.    1, 3, 4dan 5

e.    1, 2, 3 dan 4

A

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Siswa mampu menganalisis pengertian, dalil qunut

L2

14

Do’a yang dibaca pada rakaat kedua setelah I’tidal dan sebelum sujud dalam shalat subuh disebut....

a.    Do’a iftitah

b.    Do’a tarawih

c.    Do’a witir

d.    Do’a qunut

e.    Do’a sapu jagad

D

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Siswa mampu menganalisis pengertian, dalil qunut

L3

15

مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه الدارقطني)

Hadits di atas merupakan dalil dalam pelaksanaan do’a ....

a.    Minta hujan

b.    Sapu jagad

c.    Qunut witir

d.    Qunut Shubuh

e.    Qunut nazilah

d

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Siswa mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut

L1

16

Hukum membaca do’a qunut baik shalat subuh, witir maupun nazilah bagi umat Islam menurut Imam Syafi’I adalah ....

a.    Wajib

b.    Makruh

c.    Mubah

d.    Sunah

e.    Haram

d

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Siswa mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut

L2

17

Sejarah qunut dalam shalat subuh yang pertama kali melakukan adalah....

a.    Abu bakar shidiq

b.    Rasulullah SAW.

c.    Umar bin khatab

d.    Usman bin affan

e.    Ali bin abi thalib

b

Mempraktekkan doa qunut shalat subuh

Siswa mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut

L2

18

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَا فَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ. الخ

Do’a di atas adalah bacaan ….

a.    Wirid

b.    Qunut

c.    Tahlil

d.    Tasbih

e.    Takbir

b

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Siswa mampu menganalisis pengertian,hukum dan dalil qunut

L2

19

Bacaan qunut yang dilakukan umat Islam warga NU setelah tanggal 15 Ramadhan disebut qunut .…

a.    Witir

b.    Nazilah

c.    Subuh

d.    Wirid

e.    Dzikir

a

Memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam di Indonesia

L1

20

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah ....

a.    Kerajaan Demak

b.    Kerajaan Majapahit

c.    Kerajaan Banten

d.    Kerajaan Samudra Pasai

e.    Kerajaan Aceh

 

d

Memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam di Indonesia

L2

21

Pada awalnya agama Islam di sebarkan di Indonesia melalui jalur perdagangan pada abad ke....

a.    11

b.    8

c.    12

d.    6

e.    7

e

Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis teori sejarah perkembangan Islam di Indonesia

L2

22

Di bawah ini 3 teori yang di kemukakan oleh ahli sejarah mengenai asal-usul kedatangan agama Islam di Indonesia yaitu….

a.    Teori Gujarat, Persia, Arab

b.    Teori Timur tengah, Gujarat, Arab

c.    Teori Arab, Asia, India

d.    Teori Asia, Arab, Maroko

e.    Teori China, Timur tengah, India

a

Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis penyebaran Agama Islam di Indonesia

L2

23

Di Jawa penyebaran Agama Islam di lakukan oleh mubaligh profesional yang terkenal dengan istilah ....

a.    Forum DA’I Nasional

b.    Wali Songo

c.    Para Bangsawan

d.    Para petinggi kerajaan

e.    Para Begawan

b

Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis penyebaran Agama Islam di Indonesia

L2

24

Pada masa permulaan, Faham Islam yang berkembang di Indonesia adalah....

a.    Assunnah WalJama’ah

b.    Ahlu Jama’ah wal Sunnah

c.    Salafiyah

d.    Ahlussunnah Wal Jama’ah

e.    Animisme

d

Menceritakan sejarah tradisi Islam Indonesia

Siswa mampu memahami metode berdakwah jaman dulu

L2

25

Dalam berdakwah dan menjumpai suatu adat istiadat yang dilakukan masyarakat serta serta bertentangan dengan ajaran islam, maka para muballigh zaman dahulu....

a.    Melanjutkan adat istiadat tersebut

b.    Meluruskan adat istiadat itu secara bertahap

c.    Meneruskan adat istiadat tersebut dengan diberi nafas Islam

d.    Mengesampingkan adat istiadat tersebut

e.    Menolak adat istiadat tersebut tanpa ragu

c

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                              ESSAY                                                               

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Level kognitif

Nomor soal

Butir soal

Kunci jawaban

Menceritakan kembali pondok pesantren dan hubungannya dengan NU

Siswa mampu menjelaskan Pondok Pesantren

L3

1

Ada banyak peranan pesantren di berbagai bidang dalam kehidupan di tengah masyarakat, jelaskan peranan pesantren sebagai lembaga pendidikan

Pesantren sebagai lembaga pendidikan, secara umum bertanggung jawab terhadap proses pencerdasan bangsa sebagai seorang mukmin sejati yang mempunyai kualitas moral dan intelektual. Secara khusus pesantren bertanggungjawab terhadap kelangsungan tradisi agama Islam.

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

Siswa mampu memahami tingkat kepengurusan IPNU-IPPNU

L3

2

Keberadaan IPNU – IPPNU sebagai organisasi badan otonom NU lainnya, sudah menyebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU ada di seluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah-daerah. Tuliskan secara lengkap tingkat kepengurusan IPNU – IPPNU dari pusat hingga di tingkat satuan pendidikan !

 

- Pimpinan Pusat (PP IPNU/ PP IPPNU)

- Pimpinan Wilayah (PW IPNU / PW IPPNU)

- Pimpinan Cabang (PC IPNU/ PC IPPNU)

- Pimpinan Anak Cabang (PAC IPNU / PAC IPPNU)

- Pimpinan Ranting (PR IPNU / PR IPPNU)

- Pimpinan komisariat (PK IPNU/ PK IPPNU)

Mempraktekkan doa qunut shalat subuh

Siswa mampu memahami tata cara dalam melaksanakan qunut shubuh

L3

3

Beberapa hal mengenai tata cara yang perlu dilakukan umat Islam dalam melaksanakan do’a qunut, sebutkan tata cara dalam melaksanakan do’a qunut shalat subuh !

 

1. Mengangkat kedua tangan

2. Membaca doa qunut setelah selesai membaca doa iktidal secara sempurna

3. Apabila doa qunut dibaca dalam shalat subuh sendirian, maka semua lafal dibaca “ni “

4. Dan apabila doa qunut shalat subuh dibaca oleh seorang imam, maka semua lafal yang dibaca “ni” dirubah menjadi “na”

5. Ketika doa qunut salat subuh dibaca oleh imam, maka jamaah mengucapkan “amin”

6. Setelah selesai membaca doa qunut shalat subuh, baik imam maupun makmum mengusapkan kedua tangan ke muka

Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu menganalisis strategi penyebaran Islam di Indonesia

 

4

Strategi penyebaran Agama Islam di Indonesia di lakukan dalam berbagai media atau jalan, sebutkan 5 saja !

 

1. Perdagangan

2. Pernikahan

3. Politik

4. Kesenian

5. Pendidikan

Memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Siswa mampu memahami perkembangan agama Islam di Indonesia

 

5

Mengapa Agama Islam berkembang pesat dan mudah di terima oleh masyarakat Indonesia ?

 

1. Agama Islam bersifat terbuka, sehingga penyiaran dan pengajaran agama Islam dapat dilakukan oleh setiap orang Islam.

2. Penyebaran Agama Islam dilakukan dengan cara damai. 

3. Islam tidak mengenal diskriminasi dan tidak membedakan kedudukan seseorang dalam masyarakat. 

4. Perayaan-perayaan dalam agama Islam dilakukan dengan sederhana. 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url