Silabus aswaja kelas X semester ganjil SMA/MA/SMK

 

SILABUS

 

Satuan Pendidikan       : SMA YaBAKII 2 Gandrungmangu

Mata Pelajaran             : Ke-NU-an (Aswaja)

Kelas/Semester                        : X/1 (Ganjil)

Alokasi Waktu             : 1 x 40 Menit

Tahun Pelajaran                       : 2021/2022

 

KI 1         Meyakini, menghayati, dan mengamalkan ajaran Ahlussunnah WalJamaah Annahdliyyah

KI 2         menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dan menunjukkan sikap tawasuth, tawazun, ta’adul dan tasammuh dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan, factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perdaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajiannya spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah dalam persepektif Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyyah

KI 4         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrfak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah/sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan dalam persepektif Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyyah

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1

Mendeskripsikan Pondok Pesantren dan hubungannya dengan NU

Pondok Pesantren

 

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Pengertian pesantren, Sejarah berdirinya pesantren, Dasar dan tujuan didirikannya pesantren, Prinsip-prinsip pendidikan pesantren dan Hubungan pesantren dengan NU

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Pondok Pesantren dan hubungannya dengan NU

 

Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

4 JP

·         Buku ke-NU an kelas X MA/SMA/SMK, Penerbit : LP Ma’arif NU Yogyakarta

3.2

 

 

 

 

Menceritakan kembali Pondok Pesantren dan hubungannya dengan NU

2.2

Menjelaskan sejarah berdirinya, wawasan, nilai dasar, struktur organisasi dan jenjang pengkaderan IPNU-IPPNU

 

Organisasi IPNU dan IPPNU

 

·         Mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan materi tentang Sejarah lahirnya IPNU-IPPNU, Wawasan IPNU-IPPNU, Struktur organisasi IPNU-IPPNU, enjang penngkaderan IPNU-IPPNU 

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Nilai-nilai dasar IPNU-IPPNU

 

 

Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

4 JP

 

·         Buku ke-NU an kelas X MA/SMA/SMK, Penerbit : LP Ma’arif NU Yogyakarta

3.2

Menjadi anggota IPNU-IPPNU

3.3

Memahami doa qunut subuh dan rujukan dalilnya

Hukum Qunut

 

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Pengertian qunut shalat subuh, Sejarah qunut shalat subuh

 

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Dalil qunut shalat subuh, Hukum qunut shalat subuh

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Bacaan qunut shalat subuh, Praktek qunut shalat subuh

Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

3 JP

 

·         Buku ke-NU an kelas X MA/SMA/SMK, Penerbit : LP Ma’arif NU Yogyakarta

1.3

Mempraktekkan doa qunut shalat subuh

 

 

1.4

Memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia

 

 

Masuknya Agama Islam dan perkembangannya di Indonesia

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

·         Mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi tentang Faham Keislaman yang Berkembang di Indonesia, Tokoh-tokoh Penyebar Islam di Indonesia

Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

3 JP

·         Buku ke-NU an kelas X MA/SMA/SMK, Penerbit : LP Ma’arif NU Yogyakarta I

2.4

Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Indonesia

3.4

Menceritakan sejarah tradisi Islam Indonesia

 

 

Text Box: Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. H. SUTARYO, M.Pd.I
Text Box: Gandrungmangu, 8 November  2021
Mahasiswa PPL



SAEFUL ANWAR
 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url