Kisi-kisi PAS ASWAJA Kelas XI semester ganjil SMA/MA/SMK
![]()
KARTU
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
1
Kurikulum
2013
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
|
Satuan Pendidikan : SMA YaBAKII 2 Gandrungmangu Mata Pelajaran :
Ke-NU-an Kelas/Semester : XI/1 (Ganjil) |
|
Alokasi Waktu : 60 Menit Kurikulum : 2013 Bentuk Soal : 25 PG dan 5 Essai |
|
Standar Kompetensi : |
||
|
·
KI-3 |
: |
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah |
|
|
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Level Kognitif |
Nomor Soal |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
||
|
L1 |
L2 |
L3 |
||||||
|
3.1 |
Menjelaskan
latar belakang terbentuknya faham Ahlussunnah Waljama’ah |
Peserta didik mampu Menganalisis cara Abbasiyah merebut kekuasaan |
|
√ |
|
1 |
1. Kelompok yang selalu tegak dalam Islam yang berdasarkan
Al-Qur’an dan Hadits yang shahih dengan pemahaman para sahabat, tabiin dan
tabiittabiin disebut … A. Qodariyah B. Jabariyah C. Murji’ah D. Muktazilah E.
Ahlusunnahwaljamaah (Aswaja)
|
E |
|
|
√ |
|
2 |
Tokoh yang memiliki
peranan penting dalam proses pendirian Daulah Abbasiyah dan mampu mengajak
masyarakat untuk mendukung gerakannya adalah .... A. Abu Abbas As-Saffah B. Abu Ja’far Al-Mansyur C. Abu Muslim Al-Khurasani D. Abu Abdullah Al-Makmun E. Ali bin Abdullah |
A |
|||
|
√ |
|
|
3 |
Berdirinya Daulah
Abbasiyah tidak dapat terlepas dari sejarah panjang Bani Umayyah. Keluaarga
Abbas Bin Abdul Muthalib mencari dukungan dan simpati dari kelompok-kelompok
yang selama ini disisihkan oleh Daulah Umayyah. Isu yang di kembangkan oleh
keluarga Abbas bin Abdul Muthallib untuk menggulingkan kekuasaan Umayyah
adalah .... A. Adanya perilaku ketidakadilan Daulah Umayyah B. Keserakahan
para khalifah Daulah Umayyah C. Kejahatan
para pejabat Daulah Umayyah D. Perilaku menyimpang yang di lakukan oleh Khalifah Daulah
Umayyah E. Kesombongan
para Khalifah Daulah Umayyah |
A |
|||
|
|
|
√ |
4 |
Luasnya kekuasaan
Daulah Abbasiyah menyebabkan munculnya berbagai macam corak budaya dan ragam
disiplin ilmu pengetahuan dari beragam suku bangsa. Hal itu karena .... A. Banyaknya
budaya yang di kenalkan oleh Daulah Abbasiyah B. Terjadinya
asimilasi antara warga dari suku bangsa C. Berkumpulnya
orang-orang dari berbagai wilayah D. Satu
sama lain saling mengenalkan budaya E. Daulah
Abbasiyah yang rajin mengunjungi daerah-daerah lain |
B |
|||
|
|
√ |
|
5
|
Khalifah yang mempunyai
perhatian terhadap ilmu pengetahuan adalah Harun Ar-Rasyid dan Abdullah
Al-Makmun. Kedua Khalifah tersebut menunjuk satu tim untuk menerjemahkan
karya-karya kuno dari Yunani, Persia, Romawi, Syam dan lainnya. Untuk
mendukung kegiatan tersebut maka Harun Ar-Rasyiid membangun pusat pengembangan
dan penerjemaahan yang di beri nama ... A. Baitul
Hikmah B. Kutab C. Baitul
Mal D. Baitul Hikam E. Baitul Makmur |
A |
|||
|
Peserta didik mampu Mengetahui kota sebagai
transit pemerintahan Dinasti Abasiyah |
|
|
√ |
6 |
Pada masa pemerintahan
Daulah Abbasiyah perkembangan dalam bidang pemerintahan telah mengalami
kemajuan yang sangat pesat. Wujud kemajuan tersebut telah dibuktikan dalam
bentuk .... A. Diwanul Kharraz B. Diwanul Hijabah C. Diwanul Kitabah D. Diwanul Jundi E. Diwanul Rasa’il |
D |
||
|
3.3 |
Mengevaluasi proses lahirnya
Daulah Usmani |
Peserta didik mampu Mengetahui asal usul nama Abbasiyah |
|
√ |
|
7 |
Kejayaan
intlektual dan peradaban Islam masa Daulah Abbasiyah saat Khalifah Harun
Ar-Rasyid dan khalifah Abdullah Al-Makmun. Kontribusi para Ulama yang
berenovasi dengan menerjemahkan manuskrip kuno ini di kumpulkan dalam sebuah
tempat bernama majelis Munadzarah, fungsi dari majelis ini adalah .... A.
Menjawab beragam persoalan agama B. Pusat
pengkajian ilmu sains C. Lembaga
peneerjemaahan Al-Qur`an D. Wadah
perkumpulan para ulama E. Tempat
untuk belajar tingkat dasar |
A |
|
|
√ |
|
8 |
Kesejahteraan sebuah negara
biasanya dilihat dari keadaan ekonomi dan pendidikannya. Untuk itu Daulah
Abbasiyah memberikan perhatian dan dukungan secara khusus pada bidang
peningkatan sektor perdagangan dan perindustrian. Perhatian tersebut telah di
wujudkan dalam bentuk .... A.
Mendirikan sekolah-sekolah ilmu
kedokteran B.
Memberikan subsidi penuh kepada
rumah sakit C.
Membangun pusat perbelanjaan
dan ruang publik D.
Optimalisasi pelabuhan sebagai
pintu utama perdagangan E.
Membangun masjid dan istana
yang megah |
D |
|||
|
√ |
|
|
9 |
Nama
lengkapnya adalah Abu Ali Al-Husayn bin Abdullah bin Ali bin Sina, orang Arab
memberinya gelar Syaikhurrais. Ia bukan hanya menguasai Al-Quran dan hadist
namun ia juga mempelajari matematika, astronomi, filsafat dan ilmu lain.
Dalam disiplin ilmu umum ia merupakan pakar dan ahli di bidang .... A. Astronomi B. Kedokteran C. Matematika D. Tapsir
Al-Qur`an E. Ilmu
bumi |
A |
|||
|
Mengetahui jendral yang
di perintah Abu Muslim Al-Khurasani |
|
√ |
|
10 |
Daulah
Turki Utsmani berasal dari salah satu suku di Turki Barat, yaitu .… A. Suku
Kurdi D. Suku Turki B. Suku
Kayi E. Tionghoa Utsmani C. Suku
Aborigin |
B |
||
|
Mengetahui asal usul
Daulah Usmani di Turki |
|
√ |
|
11 |
Sebagai
pemerintahan yang ideal, Daulah Utsmani membutuhkan pusat administrasi. Nama
ibu kota Turki Utsmani adalah .… A.
Istambul D. Qurah Hisyar B.
Damaskus E. Bagdad C.
Teheran |
A |
||
|
|
√ |
|
12 |
Ar Razi adalah ilmuwan muslim
yang telah menyumbangkan ilmunya dalam bidang kedokteran, diantara karyanya
adalah ..… A. Al Judari Wal-Hasbah B. As Syifa C. Al Qonun Fit Tib D. Al jami’ al Akbar E. Maqasid al Falasifah’ |
A |
|||
|
√ |
|
|
13 |
Perjalanan panjang Turki
Utsmani pada akhirnya berhasil menuai kejayaan. Masa keemasan tersebut
berhasil di capai oleh Daulah Utsmani pada masa pemerintahan .… A. Bayazid D. Tongdai B. Murid I E. Usman I C. Sulaiman I |
C |
|||
|
|
|
√ |
14 |
Khalifah
Utsmani yang berhasil menakhlukan Konstantinopel adalah .... A. Murid I D. Muhammad Al-Fatih B. Salim I E. Bayazid C. Murid II |
D |
|||
|
√ |
|
|
15 |
Buku al Hawi yang berisi tentang Ensiklopedia
kedokteran yang terdiri dari 20 jilid yang mencakup buku kedokteran Yunani,
Arab dan Suriah ditulis oleh ..… A. Ar Razi D.
Ibnu Sina B. Al Kindi E.
Ibnu Rusd C. Al Farabi |
A |
|||
|
3.3 |
Mengevaluasi sejarah lahirnya
Daulah Mughal |
Mengetahui perintis
kerajaan Mughal di India |
√ |
|
|
16 |
Peranan Daulah Mughal sangat
besar dalam perkembangan agama Islam di India, mulai dari sastra hingga
arsitektur. Daulah ini di dirikan oleh .… A.
Akbar D. Zahairuddin M. Babur B.
Jehangqir E. Humayan C.
Syah Jehan |
D |
|
√ |
|
|
17 |
Daulah Mughal menjadi
penguasa di negeri Bolliwood dalam kurun waktu hampir empat abad. Daulah
Mughal berakhir pada masa pemerintahan … A. Babur B. Bahadur
Syah C. Humayan D. Jehandar E. Syah Jehan |
B |
|||
|
√ |
|
|
18 |
Masa
keemasan Daulah Mughal dapat di capai pada masa pemerintahan .… A. Akbar B. Humayan C. Syah
Jehan D. Jehangqir E. Zahairuddin M. Babur |
A |
|||
|
Menganalisis peristiwa
Hijrah yang dilakukan Umar bin Khotob |
√ |
|
|
19 |
Taj Mahal dan masjid raya Delhi
merupakan peninggalan-peninggalan bersejarah dan mengandung seni dan
arsitektur yang sangat tinggi pada masanya. Keduanya di bangun pada masa
pemerintahan .… A. Humayan D. Jehandar B. Babur E. Bahadur Syah C. Syah Jehan |
C |
||
|
3.5 |
Mengevaluasi
sejarah lahirnya Daulah Mughal |
Mengetahui perintis
kerajaan Mughal di India |
|
|
√ |
20 |
Penyebab penyerangan
Mongol terhadap Dinasti Abbasiyah adalah... . A. Penolakan khalifah Al-Muktasim untuk takluk dan
menyerahkan upeti B. Memperluas
kekuasaannya ke Mesir C. Ingin menguasai
Baitul Hikmah D. Ingin menjadi
khalifah bani Abbasiyah E. Membuat kerajaan
sendiri |
A |
|
|
|
√ |
21 |
Perkembangan Agama Islam Pada
masa Daulah Mughal mencapai suatu fase yang menarik, Akbar telah
memproklamasikan sebuah cara baru dalam beragama, konsep tersebut merupakan
upaya yang di lakukan untuk mempersatukan umat-umat beragama pada Daulah
Mughal. Konsep tersebut adalah .… A. Din-Ilahi D. Muqaddam B. Panipat E. Singkretis C. Sulh-i Kull |
C |
|||
|
|
√ |
|
22 |
Berikut ini yang bukan termasuk contoh
pengaruh-pengaruh peradaban islam di Eropa adalah ..… A. Percetakan uang dengan tulisan Arab oleh Raja
Alfonso IV B. Pertemuan ilmiah diistana kerajaan Normandia
yang dilakukan oleh ilmuwan muslim atas undangan raja Roger I C. Penggunaan tasbih sebagai asesoris oleh
masyarakat Eropa D. Datangnya penuntut ilmu dari Prancis, Inggris,
Jerman dan Italia untuk belajar di Andalusia E. Raja Roger II akrab menggunakan bahasa Arab |
B |
|||
|
3.6 |
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi |
Peserta didik mampu Mengetahui asal usul Daulah
Syafawi |
|
|
√ |
23 |
Daulah Syafawi mencapai puncak
kejayaan pada masa pemerintahan .… A. Abbas I D. Sultan Syah B. Ibrahim E. Juneid C. Ismail |
A |
|
|
√ |
|
|
24 |
Pada masa Daulah
Syafawiyah muncul ilmuan-ilmuan terkenal di antaranya adalah generalis ilmu
pengetahuan yang terkenal dengan nama .... A. Baha Al-Din
Al-Syaerazi B. Baharuddin Al-Amili C. Muhammad Baqir D. Muhammad Damad E. Sadr Al-Din
Al-Syirazi |
A |
||
|
|
√ |
|
25 |
Daulah Syafawi telah
memberikan kontribusinya bagi peradaban Islam melalui kemajuan-kemajuan dalam
bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, Peninggalan seni dan gedung-gedung yang
memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di antara peninggalan Daulah Syafawi
berupa hamparan taman yang terletak di kota Isfahan adalah .... A. Chahar Bagh D. Maidan Imam B. Chihil Satun E. Siuse Pool C. Darsdasth |
C |
|||
|
|
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Level Kognitif |
Nomor Soal |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
||
|
L1 |
L2 |
L3 |
Esai |
|||||
|
3.3 |
Mengealuasi
proses lahirnya daulah abbasiyah |
Mengetahui cara
Abbasiyah merebut kekuasaan |
|
|
√ |
1 |
Al-farabi adalah ilmuan islam yang ahli berbagai
disiplin ilmu. Dalam bidang politik beliau membagi dalam 5 bentuk, sebut dan
jelaskan ! |
|
|
|
|
√ |
2 |
Sebitkan Ilmuan muslim yang diberi tugas melakukan
penerjemahan pada masa khalifah Al-Ma’mun ! |
|
|||
|
3.5 |
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu penetahuan pada masa Daulah Usmani |
Mengetahui asal usul
Daulah Usmani di Turki |
|
|
√ |
3 |
Apa Sebab-sebab runtuhnya daulah turki usmani ? |
|
|
3.6 |
Mengevaluasi
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal |
Mengetahui peradaban
yang berhasil di torehkan oleh Daulah Mughal India |
|
|
√ |
4 |
Sebutkan Daulah-
daulah yang berdiri di India ? |
|
|
|
|
√ |
5 |
Apa
Sebab-sebab runtuhnya daulah mughol ? |
|
|||
Gandrungmangu,
27 November 2021
Mahasiswa
PPL
MUHAMAD FAOZI
NIM.
180110049