Bearing-Cara mengganti, memeriksa dan merawat lakher dengan mudah
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang bearing/lakher Roda - Mengganti, Merawat, Memeriksa, dan Menggantinya.
Kerusakan bearing atau lakher roda pada sepeda motor dapat
menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara, bahkan bisa jadi menyebabkan
kecelakaan. Semoga saja tidak terjadi pada anda, Bearing yang rusak atau oblak
dapat merusak beberapa bagian, termasuk hub roda, gardan (khusus matic), dll.
Jadi jangan abaikan, karena itu penting dan fungsinya sangat vital. Sebagian
besar sepeda motor sekarang menggunakan bantalan roda tipe bola yang dirancang
dengan segel yang menjaga agar pelumas tetap terkontrol.
Bearing roda yang disegel ini dapat bertahan lama (tetapi dengan
bearing yang mahal) selama Anda
memperlakukannya dengan benar. Namun dengan beban yang berlebihan pada
sepeda motor, mengendarai sepeda motor di perairan dalam yang melewati hub,
mencuci sepeda motor dengan tekanan tinggi di area hub roda, melakukan
wheelies, melompat atau mengendarai dengan keras di medan yang kasar akan
mengurangi masa pakainya, seperti halnya mengabaikan pelumasan bantalan. Jadi,
bagaimana Anda bisa tahu jika bearing perlu diganti ? Nah pada postingan kali
ini saya akan membahas bagaimana sih ciri bearing yang rusak !
Cara memeriksa kerusakan bearing/lakher
Selama penggantian ban adalah salah satu kesempatan bagus untuk
memeriksa dan merawat lakher roda anda. Jadi, bagaimana cara memeriksa atau
mengecek lakher atau bearing, yaitu Dengan sepeda yang ditopang standar tengah,
putar roda dengan tangan dan apabila roda bergerak dari sisi ke sisi atau
ngegol berati itu salah satu tanda-tanda lakher atau bearing anda rusak.
Cara lain dalam memeriksa kerusakan pada bearing/lakher adalah
dengan cara saat sepeda motor berhenti, coba goyangkan roda dari kanan kekiri
apabila terasa ngegol atau oblak berati bearing atau lakher anda sudah rusak,
sebaiknya ganti saja bearing sepeda motor anda.
Cara mengganti lakher/bearing pada sepeda motor
Banyak yang tanya tentang bagaimana cara mengganti
bearing pada roda sepeda motor, sebenarnya sangat mudah, tetapi sangat mudah
lagi adalah dengan dibawa ke bengkel terdekat atau bengkel langganan anda, anda
tinggal duduk dan menunggu.
Bagaimana sih cara mengganti bearing roda sepeda motor,
baiklah akan saya jelaskan sebisa saya.
- Pertama,bongkar roda dengan cara lepaskan baut as roda menggunakan kunci 17,19 atau yang lain, tergantung ukuran bautnya. Jangan lupa lepaskan baut rem, penyetel rantai, penahan roda ( ini berlaku pada roda belakang )
- Kemudian lepaskan seal pelindung bearing dari air, ini berlaku bagi roda depan. Untuk roda belakang lepaskan gear dan rumah kampas rem.
- Kemudian lepaskan bearing menggunakan traker khusus pelepas bearing, kalau tidak ada anda bisa menggunakan bekas as roda, masukkan kedalam bearing dengan catatan posisi as roda sedikit miring sampai terasa mentok ke bearing. Setelah itu pukul as roda menggunakan palu sampai lakher keluar, lakukan hal yang sama pada lakher yang satunya lagi.
- Setelah bearing terlepas, saatnya anda memasang beraing dengan yang baru sesuai dengan ukurannya, misalnya motor Supra X 125 menggunakan bearing ukuran 6301, honda beat 6201, Yamaha mio j 6300, Suzuki satria f150 6301. Pada postingan selanjutnya saya akan membahas Ukuran bearing sepeda motor.
Cara merawat bearing/lakher sepeda motor
Untuk perawatan bearing sepeda motor sebenarnya sangat
mudah dan anda dapat melakukannya sendiri, caranya gunakan sepeda motor dengan
benar, sepeda motor tidak kelebihan beban, tidak sering melewati jalan yanga
berair, tidak melewati jalan yang rusak dan sering-sering lakher diberi pelumas.
Demikian penjelasan mengenai bearing/lakher dari saya,
semoga bermanfaat, tunggu postingan saya selanjutnya mengenai sepeda motor.
