Sistem Pendidikan dasar finlandia
Sistem Pendidikan dasar dan Kurikulum di finlandia
Tujuan pendidikan dasar di Finlandia adalah untuk mendukung pertumbuhan siswa menuju kemanusiaan dan keanggotaan masyarakat yang bertanggung jawab secara etis dan untuk memberi mereka pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan.
Pendidikan dasar berlangsung selama 9 tahun dan itu untuk semua anak muda antara 7 dan 15 tahun. Pendidikan pra-sekolah dasar dimulai satu tahun sebelum pendidikan dasar pada usia 6 tahun. Pendidikan dasar diselenggarakan dalam sistem struktur tunggal. Ini termasuk kelas 1-9.
Kotamadya bertanggung jawab untuk mengatur pendidikan untuk semua anak berusia 6 – 18 tahun yang tinggal di kotamadya.
Pendidikan pra-sekolah dasar dan dasar gratis untuk siswa. Siswa juga mendapatkan materi pelajaran gratis, makanan sekolah setiap hari, layanan kesehatan dan kesejahteraan, serta transportasi dari rumah ke sekolah jika perjalanan ke sekolah jauh atau berbahaya.
Setiap murid dialokasikan tempat di sekolah terdekat, tetapi mereka juga dapat memilih sekolah lain dengan beberapa batasan.
Semua sekolah mengikuti kurikulum inti nasional, yang mencakup tujuan dan isi inti dari mata pelajaran yang berbeda. Penyedia pendidikan - paling sering kota sebagai otoritas pendidikan lokal - dan sekolah sendiri menyusun kurikulum mereka sendiri dalam kerangka kurikulum inti nasional.
Kurikulum inti nasional untuk pendidikan dasar
Kurikulum inti nasional memberikan landasan yang seragam untuk kurikulum lokal, sehingga meningkatkan kesetaraan dalam pendidikan di seluruh negeri. Kurikulum setiap kotamadya dan sekolah mengarahkan instruksi dan tugas sekolah secara lebih rinci, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan perspektif lokal.
Kurikulum inti nasional untuk pendidikan dasar diperkenalkan untuk kelas 1–6 di semua sekolah mulai 1 Agustus 2016. Kurikulum diperkenalkan untuk kelas pendidikan dasar yang lebih tinggi secara bertahap: kurikulum baru diadaptasi oleh kelas 7 pada 1 Agustus 2017, berdasarkan kelas 8 pada tahun 2018 dan kelas 9 pada tahun 2019. Badan Pendidikan Nasional Finlandia memperkenalkan kurikulum inti Nasional untuk pendidikan dasar pada tahun 2014. Penyedia pendidikan telah menyusun kurikulum lokal mereka sendiri berdasarkan kurikulum inti nasional.
Kurikulum inti nasional memberikan landasan yang seragam untuk kurikulum lokal, sehingga meningkatkan kesetaraan dalam pendidikan di seluruh negeri. Kurikulum setiap kotamadya dan sekolah mengarahkan instruksi dan tugas sekolah secara lebih rinci, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan perspektif lokal. Jika perlu, kurikulum lokal juga bisa direvisi nanti. Tujuannya adalah agar kurikulum berfungsi sebagai pendukung aktif dan fleksibel untuk kegiatan mengajar dan sekolah.
Kurikulum inti nasional sebagian besar terdiri dari tujuan dan isi yang dijelaskan untuk mata pelajaran yang berbeda yang terhubung dengan deskripsi kebijakan tentang nilai-nilai yang mendasari, konsepsi pembelajaran dan budaya sekolah. Tujuan kurikulum adalah untuk memungkinkan reformasi budaya sekolah dan pedagogi sekolah yang akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar.
Tujuan: untuk mengamankan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan serta mendorong pembelajaran
Reformasi kurikulum dimaksudkan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan anak-anak dan remaja Finlandia akan tetap kuat di masa depan, baik secara nasional maupun internasional. Selain itu, pedoman pedagogis didefinisikan untuk membantu sekolah mengembangkan metode operasi mereka untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar.
Beberapa tujuan utama dari reformasi termasuk meningkatkan partisipasi murid, meningkatkan kebermaknaan belajar dan memungkinkan setiap murid untuk merasa sukses. Anak-anak dan remaja didorong untuk lebih bertanggung jawab atas tugas sekolah mereka dan diberi lebih banyak dukungan dalam studi mereka. Siswa menetapkan tujuan, memecahkan masalah dan menilai pembelajaran mereka berdasarkan target yang ditetapkan. Pengalaman, perasaan, minat, dan interaksi siswa dengan orang lain meletakkan dasar untuk belajar. Tugas guru adalah untuk menginstruksikan dan membimbing murid-muridnya menjadi pembelajar sepanjang hayat, dengan mempertimbangkan pendekatan belajar individual dari setiap murid.
Pembagian jam pelajaran pendidikan dasar
Pembagian jam pelajaran pendidikan dasar secara keseluruhan dan jumlah minimum pelajaran mata pelajaran inti pada pendidikan dasar ditetapkan oleh Pemerintah. Pembagian jam pelajaran menetapkan mata pelajaran inti yang diajarkan kepada semua murid dan pembagian jam mengajar antara mata pelajaran yang berbeda.
Distribusi jam pelajaran saat ini dikonfirmasi pada tahun 2012 dan diperbarui pada tahun 2020 dengan 2 jam pelajaran bahasa A1.
.png)