Sistem pendidikan PAUD di Finlandia

Pendidikan anak usia dini di Finlandia

Pendidikan dan perawatan anak usia dini (PAUD) adalah bagian dari sistem pendidikan Finlandia dan tahap penting dalam jalur pertumbuhan dan pembelajaran anak. PAUD meletakkan dasar untuk pembelajaran sepanjang hayat. ECEC Finlandia didasarkan pada pendekatan terpadu untuk perawatan, pendidikan dan pengajaran, yang disebut model "educare", dengan penekanan khusus pada pedagogi.

Anak usia dini adalah fase perkembangan dan pembelajaran yang intens. Misi PAUD adalah untuk mempromosikan pertumbuhan, perkembangan dan pembelajaran holistik anak-anak bekerja sama dengan wali mereka. Belajar melalui bermain sangat penting. Memahami pentingnya dan kemungkinan pedagogis bermain untuk anak dalam mempromosikan kesejahteraan dan pembelajaran sangat penting untuk PAUD.


Apa itu pendidikan dan pengasuhan anak usia dini?

Semua anak di bawah usia sekolah memiliki hak subjektif atas pendidikan dan perawatan anak usia dini (PAUD). Orang tua dari anak tersebut memutuskan apakah anak mereka berpartisipasi dalam PAUD atau tidak. Setelah masa cuti orang tua, ketika anak biasanya berusia 9 atau 10 bulan, orang tua memiliki beberapa pilihan untuk dipilih: Pusat PAUD, penitipan siang hari keluarga atau misalnya klub atau kegiatan taman bermain. Jika orang tua memilih untuk mengasuh anaknya di rumah, mereka berhak atas cuti dan tunjangan pengasuhan di rumah sampai anak tersebut berusia tiga tahun.


Partisipasi dalam PAUD

Kotamadya bertanggung jawab untuk mengatur layanan PAUD. Kualitas PAUD ditingkatkan melalui evaluasi yang sistematis. Keluarga juga dapat memilih pengaturan ECEC swasta yang disubsidi secara publik.

Partisipasi dalam PAUD dikenakan biaya yang tergantung pada pendapatan keluarga dan jumlah anak. Biaya klien di PAUD kota mencakup sekitar 14 persen dari total biaya. Biaya maksimum yang dikenakan untuk PAUD sekarang adalah EUR 289 dan biaya minimum yang dibebankan adalah EUR 27.


Kelompok dan rasio anak

Kelompok anak dapat dibentuk dengan cara yang berbeda, misalnya dengan mempertimbangkan usia anak, hubungan saudara kandung atau kebutuhan akan dukungan. Kelompok harus sesuai secara pedagogis, dan ketentuan tentang staf dan ukuran kelompok maksimum dipertimbangkan dalam membentuknya. Di pusat PAUD, pendidikan pra-sekolah dasar untuk anak usia enam tahun sering kali berlangsung dalam kelompok yang terpisah. Sebuah kelompok dengan anak-anak dalam pendidikan pra-sekolah dasar juga dapat mencakup anak-anak yang lebih muda di PAUD. Pendidikan pra-sekolah dasar untuk anak usia enam tahun di sekolah komprehensif dapat diberikan baik dalam kelompok pra-sekolah dasar yang terpisah atau diintegrasikan ke dalam kelompok siswa dalam wajib belajar.


Pengembangan budaya operasi

Kurikulum lokal untuk pendidikan dan pengasuhan anak usia dini wajib memperbaharui dan mengembangkan budaya operasional PAUD. Ketika metode kerja dan pengoperasian dievaluasi, penting untuk mempertimbangkan bagaimana metode tersebut akan mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan pembelajaran anak dengan baik. Titik awal pengambilan keputusan harus sesuai dengan tujuan kurikulum lokal dan selalu mempertimbangkan kepentingan terbaik anak. Prinsip-prinsip pengembangan budaya operasi memberikan tulang punggung bagi pekerjaan pengawasan dan pengembangan bersama komunitas kerja.


Evaluasi di banyak tingkatan

Kualitas PAUD ditingkatkan melalui evaluasi yang sistematis. Evaluasi dilakukan baik di tingkat nasional maupun lokal. Antara lain, penyelenggara PAUD harus mengevaluasi kurikulum lokal dan implementasinya. Ketika menilai rencana pendidikan dan pengasuhan anak usia dini individu anak, fokus khusus ditempatkan pada bagaimana kegiatan diatur dan bagaimana pedagogi dilaksanakan. Rencana individu anak harus dievaluasi bersama dengan wali setidaknya setahun sekali. Evaluasi membantu membuat kekuatan dan kebutuhan pengembangan PAUD terlihat.


Singkatnya, kurikulum inti nasional untuk PAUD di Finlandia

Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini berpedoman pada Undang-Undang Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini dan kurikulum inti Nasional PAUD (2018), yang merupakan norma nasional. Penyedia PAUD harus menyiapkan kurikulum lokal untuk PAUD berdasarkan kurikulum inti Nasional untuk pendidikan dan pengasuhan anak usia dini. Penyedia PAUD sebagian besar adalah penyedia kota (84%).

Kurikulum Inti Nasional untuk PAUD adalah peraturan nasional yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Pendidikan Finlandia. Tujuan dari pengarah nasional PAUD adalah untuk menciptakan prakondisi yang setara untuk pertumbuhan, perkembangan dan pembelajaran holistik anak-anak yang berpartisipasi dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini. Rencana PAUD individu dibuat untuk setiap anak.


Nilai-nilai yang mendasari dalam kurikulum inti nasional

Prinsip umum PAUD di Finlandia adalah bahwa kepentingan terbaik anak harus selalu menjadi pertimbangan utama. Anak berhak atas kesejahteraan, perawatan dan perlindungan, dan pendapatnya dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Perlakuan yang sama dan setara terhadap semua anak serta perlindungan terhadap diskriminasi adalah persyaratan, sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hak Anak, Undang-Undang tentang Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini dan Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Disabilitas.


Nilai-nilai yang mendasari dalam kurikulum inti nasional untuk PAUD adalah:

  1. Nilai intrinsik masa kecil
  2. Pertumbuhan sebagai manusia
  3. Hak anak
  4. Kesetaraan, kesetaraan, dan keragaman
  5. Keanekaragaman keluarga
  6. Cara hidup yang sehat dan berkelanjutan.


Kurikulum inti nasional untuk PAUD mewajibkan

Badan Nasional Pendidikan Finlandia memutuskan Kurikulum Inti Nasional untuk Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini pada bulan Desember 2018, dan penyedia pendidikan dan perawatan anak usia dini (PAUD) telah menyusun kurikulum lokal mereka berdasarkan itu.

Kurikulum inti sekarang menjadi norma nasional, yang sebelumnya hanya rekomendasi. Kurikulum lokal mewajibkan personel PAUD di pusat PAUD, penitipan anak keluarga, dan jenis PAUD lainnya untuk mengikuti nilai, tujuan, dan isi yang mendasari Undang-Undang tentang Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini dan kurikulum inti.

Kurikulum baru untuk PAUD menanggapi kebutuhan dunia yang terus berubah. Kurikulum membahas perubahan yang telah terjadi di masyarakat dan di lingkungan operasi ECEC serta informasi terbaru yang diberikan oleh penelitian. Ini tidak berarti bahwa segala sesuatu yang lama yang masih berfungsi harus diubah atau direformasi. Namun, perlu memperbarui cara berpikir dan beroperasi, dan untuk itulah kurikulum baru menyediakan alat.


 Anak berhak atas PAUD berkualitas tinggi

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa PAUD memiliki efek yang menguntungkan dari sudut pandang anak dan masyarakat. Namun, ECEC mana pun tidak memberikan hasil yang diinginkan; kualitasnya harus tinggi. Interaksi yang peka, memperhatikan minat anak, membangun lingkungan belajar bersama anak, pengasuhan yang bertanggung jawab, dan memungkinkan bermain dan belajar merupakan aspek sentral dalam pelaksanaan PAUD yang efektif.

Kurikulum Inti Nasional untuk PAUD adalah buku pegangan berkualitas yang menentukan kerangka pelaksanaan PAUD yang seragam dan setara. Kepatuhan terhadap kurikulum inti memastikan bahwa hak setiap anak untuk menerima kualitas PAUD yang sama di mana pun mereka tinggal terpenuhi.


Dorongan untuk tumbuh kembang anak dan jalur belajar dari PAUD

PAUD adalah dasar dari sistem pendidikan kita. Anak usia dini adalah fase perkembangan dan pembelajaran yang intens. Perubahan perkembangan utama sudah terjadi sebelum usia sekolah. Oleh karena itu, peristiwa-peristiwa dalam kehidupan anak itu bermakna dalam kaitannya dengan kehidupan anak sekarang dan masa depan.

Melalui Kurikulum Inti Nasional untuk Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini, PAUD menjadi bagian integral dari jalur pertumbuhan dan pembelajaran seumur hidup dan dari rangkaian kurikulum. Kurikulum inti memiliki beberapa kaitan dengan kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah dasar untuk anak usia enam tahun serta pendidikan dasar. Nilai-nilai yang mendasari seragam dan konsepsi anak, pembelajaran dan tujuan kompetensi transversal dalam sistem pedagogis dan pendidikan Finlandia menjaga jalur pembelajaran yang berkembang secara sistematis dari sudut pandang anak.


PAUD dengan penekanan pedagogis

Tujuan yang ditetapkan dalam Undang-Undang tentang Pendidikan dan Perawatan Anak Usia Dini dan kewajiban untuk mempertimbangkan kepentingan terbaik anak dalam perencanaan dan pelaksanaan PAUD merupakan dasar dari semua kegiatan PAUD. PAUD adalah entitas yang terdiri dari pendidikan, pengajaran dan perawatan dengan penekanan pada pedagogi. PAUD tidak hanya pengasuhan, tetapi kegiatan yang berorientasi pada tujuan dan sistematis yang mendukung perkembangan dan pembelajaran anak dan dievaluasi dan dikembangkan secara teratur.

Di PAUD, pengalaman anak sebelumnya serta minat dan kompetensinya merupakan titik awal pembelajaran. Anak dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan sesuai dengan kemampuannya.


Paket PAUD individu untuk setiap anak

Rencana PAUD individu dibuat untuk setiap anak di pusat PAUD dan penitipan anak keluarga. Ini disiapkan bekerja sama dengan wali dan anak.

Rencana individu anak adalah kesempatan untuk membuat kekuatan setiap anak dan kemungkinan kebutuhan individu terlihat. Rencana individu anak adalah rencana pedagogis tentang bagaimana anak akan diperhitungkan sebagai individu dalam kegiatan PAUD. Rencana individu anak dievaluasi secara teratur.


Hak untuk bermain, belajar, dan berpartisipasi

Kegiatan yang menarik, berorientasi pada tujuan, dan menantang akan menginspirasi anak untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan perkembangan potensi individu anak. Kegiatan pedagogis integratif yang menggabungkan berbagai bidang pembelajaran memungkinkan pemeriksaan masalah dan fenomena berbasis luas. Metode kerja dan lingkungan belajar harus mendorong antusiasme anak-anak untuk mengeksplorasi, bereksperimen, dan mempraktikkan berbagai hal. Anak-anak juga memiliki hak untuk menerima bimbingan dan dukungan yang sesuai untuk belajar.

Di PAUD, pentingnya bermain untuk anak dan kemungkinan pedagogisnya dalam mempromosikan kesejahteraan dan pembelajaran dipahami. Bermain memotivasi anak-anak dan membawa kegembiraan sambil memungkinkan mereka mempelajari keterampilan baru dan menciptakan makna tentang diri mereka sendiri dan dunia sekitarnya. Hubungan sosial anak-anak didukung dan kesempatan setiap orang untuk mengambil bagian dalam permainan dan kegiatan bersama dipastikan.

Anak-anak adalah agen aktif dan anggota kelompok mereka. Mereka memiliki pemikiran dan pendapat mereka sendiri, yang harus didengarkan dan dipertimbangkan. Anak-anak harus memiliki kesempatan untuk memiliki suara dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka dan untuk dipahami dan diterima apa adanya. Kelompok sebaya dan pengalaman menjadi bagian dari suatu kelompok adalah kunci pembelajaran dan partisipasi anak.


Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini membangun kompetensi transversal

PAUD meletakkan dasar bagi kompetensi transversal anak-anak. Kompetensi transversal merupakan entitas yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap dan kemauan. Kompetensi juga berarti kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta bertindak dalam situasi tertentu. Kompetensi transversal meliputi multiliterasi, merawat diri sendiri, dan keterampilan sehari-hari lainnya. Mereka juga mencakup kompetensi budaya dan keterampilan interaksi, yang dibutuhkan di dunia yang semakin beragam. PAUD yang baik memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan ini.

Berpikir dan belajar seperti itu adalah keterampilan penting untuk masa depan. Memang banyak pembahasan tentang belajar sepanjang hayat yang membutuhkan keberanian, semangat, kepercayaan dan keterbukaan terhadap hal-hal baru.

Kompetensi budaya, interaksi dan ekspresi diri ditekankan di dunia yang beragam. PAUD menciptakan landasan untuk menghormati orang lain dan mempelajari keterampilan interaksi.

Belajar merawat diri sendiri dan mengatur kehidupan sehari-hari adalah bagian penting dari kegiatan PAUD. Anak-anak belajar untuk menjaga kesejahteraan mereka sendiri dan kesejahteraan orang lain dalam interaksi yang aman. Prinsip-prinsip cara hidup yang berkelanjutan juga diterapkan di semua kegiatan PAUD.

Multiliterasi dan kompetensi TIK memainkan peran yang semakin meningkat dalam kehidupan anak-anak, dan mempraktikkan cara-cara untuk bertindak dalam lingkungan digital yang berbeda adalah tugas PAUD.

Keterampilan partisipasi dan keterlibatan serta motivasi untuk mempelajari hal-hal baru menguat ketika anak-anak sendiri dapat memiliki suara dalam apa yang dilakukan dan bagaimana caranya. Penting bahwa PAUD memberikan anak-anak kesempatan untuk berpartisipasi dan mempraktekkan kemungkinan mereka sendiri untuk mempengaruhi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url