Soal PAS Aswaja Ke-NU-an kelas 10 semester ganjil SMA/MA/SMK K-13
PELAKSANAAN AKHIR SEMERSTER I
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Mata
Pelajaran : Ke-NU-an
Kelas : X (MIPA/IPS)
Hari
Tanggal : ..............................
2021
Waktu :
![]()
I.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d
atau e pada lembar jawaban yang telah disediakan!
1.
Kata
pondok yang berarti ruang tidur, wismaatau hotel sederhana berasal dari bahasa
Arab ....
a. Khondaq
b. Funduq
c. Pundak
d. Qodzaf
e. Qodla
2.
Pondok
pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali didirikan oleh Syech
Maulana Malik Ibrahim yang terkenal dengan julukan “Spiritual Father”.
Apa arti dari julukan tersebut .…
a. Para normal
b. Bapak Spiritual Walisongo
c. Bapak Bupati
d. Bapak Islam
e. Guru Spiritual Walisongo
3.
Pesantren
yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik (kitab kuning) sebagai
inti pendidikan pesantren tanpa mengenalkan pengajaran pengetahuan umumya itu
pengertian dari ....
a. Pondok modern
b. Pondok pedalaman
c. Pondok perkotaan
d. Pesantren salaf
e. Pesantren khalaf
4.
Metode
yang digunakan oleh kiai di pondok pesantren dengan cara membaca,
menerjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut
.…
a. Musyawarah
b. Bahsul Masail
c. Sorogan
d. Bandongan
e. Takror
5.
Pondok
pesantren berhasil mencetak para kader yang menguasai dalam bidang agama dan
mampu berkhidmad kepada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya izzul
Islam wal muslimin merupakan….
a. Peran pondok sebagai lembaga dakwah
b. Peran pondok sebagai pengabdian masyarakat
c. Peran pondok sebagai lembaga pendidikan
d. Peran pondok sebagai lembaga masyarakat
e. Peran pondok sebagai penyalur tenaga kerja
6.
Pesantren
khalaf adalah pesantren yang telah memasukan pelajaran-pelajaran umum dalam
madrasah yang dikembangkan secara klasikal. Di bawah ini yang merupakan metode
yang di pakai di Pesantren Khalaf adalah.…
a. Presentasi
b. Sorogan
c. Metode klasikal
d. Hafalan
e. Ceramah
7.
Memantapkan
diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia yang terdidik
dalam organisasi IPNU – IPPNU termasuk ke dalam wawasan….
a. Keislaman
b. Keilmuan
c. Keterpelajaran
d. Kebangsaan
e. Kekaderan
8.
IPNU
didirikan sebagai badan otonom NU untuk organisasi bagi pelajar dan santri pada
tanggal ….
a. 22 Februari 1954
b. 23 Februari 1954
c. 24 Februari 1954
d. 25 Februari 1954
e. 26 Februari 1954
9.
Pandangan
IPNU – IPPNU yang dijiwai oleh asas demokratis, mengakui keanekaragaman sosial
budaya, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, menghargai harkat dan
martabat manusia, serta memiliki sikap dan kepedulian terhadap nasib bangsa dan
Negara merupakan wawasan .…
a. Keislaman
b. Keilmuan
c. Kebangsaan
d. Keterpelajaran
e. Kekaderan
10. Di bawah ini termasuk nilai-nilai dasar IPNU –
IPPNU, kecuali ....
a. Menjunjung tinggi nilai dan norma ajaran Islam
b. Mendahulukan kepentingan bersama dari pada
kepentingan pribadi
c. Menjujung tinggi sifat keikhlasan dalam
berjuang
d. Menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan serta
kasih sayang
e. Hidup berdampingan bersama warga
11. Struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU di sekolah
atau madrasah maupun di pondok pesantren adalah .…
a. Pimpinan wilayah
b. Pimpinan cabang
c. Pimpinan anak cabang
d. Pimpinan ranting
e. Pimpinan komisariat
12. Pendidikan pengkaderan IPNU – IPPNU bagi anggota
yang baru adalah ….
a. Latihan kader muda
b. Latihan kader madya
c. Latihan kader utama
d. Latihan pelatih
e. Masa kesetiaan anggota
13. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Menambah wawasan kepemimpinan
2) Menurunkan harkat dan martabat manusia
3) Melatih kemandirian hidup
4) Menjadikan pribadi yang tangguh dalam
mempertahankan NKRI
5) Menyelam sambil minum air
Dari
lima pernyataan diatas, yang berkaitan dengan manfaat bergabung di organisasi
IPNU – IPPNU adalah ….
a. 1, 3 dan 4
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 5
d. 1, 3, 4dan 5
e. 1, 2, 3 dan 4
14. Do’a yang dibaca pada rakaat kedua setelah
I’tidal dan sebelum sujud dalam shalat subuh disebut....
a. Do’a iftitah
b. Do’a tarawih
c. Do’a witir
d. Do’a qunut
e. Do’a
sapu jagad
15. مَازَالَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ
الدُّنْيَا (رواه الدارقطني)
Hadits
di atas merupakan dalil dalam pelaksanaan do’a ....
a. Minta hujan
b. Sapu jagad
c. Qunut witir
d. Qunut Shubuh
e. Qunut nazilah
16. Hukum membaca do’a qunut baik shalat subuh,
witir maupun nazilah bagi umat Islam menurut Imam Syafi’I adalah ....
a. Wajib
b. Makruh
c. Mubah
d. Sunah
e. Haram
17. Sejarah qunut dalam shalat subuh yang pertama
kali melakukan adalah....
a. Abu bakar shidiq
b. Rasulullah SAW.
c. Umar bin khatab
d. Usman bin affan
e. Ali bin
abi thalib
18. اَللّٰهُمَّ
اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَا فَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ
فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ. الخ
Do’a di
atas adalah bacaan ….
a. Wirid
b. Qunut
c. Tahlil
d. Tasbih
e. Takbir
19. Bacaan qunut yang dilakukan umat Islam warga NU
setelah tanggal 15 Ramadhan disebut qunut .…
a. Witir
b. Nazilah
c. Subuh
d. Wirid
e. Dzikir
20. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah ....
a. Kerajaan Demak
b. Kerajaan Majapahit
c. Kerajaan Banten
d. Kerajaan Samudra Pasai
e. Kerajaan Aceh
21. Pada awalnya agama Islam di sebarkan di Indonesia
melalui jalur perdagangan pada abad ke....
a. 11
b. 8
c. 12
d. 6
e. 7
22. Di bawah ini 3 teori yang di kemukakan oleh
ahli sejarah mengenai asal-usul kedatangan agama Islam di Indonesia yaitu….
a. Teori Gujarat, Persia, Arab
b. Teori Timur tengah, Gujarat, Arab
c. Teori Arab, Asia, India
d. Teori Asia, Arab, Maroko
e. Teori China, Timur tengah, India
23. Di Jawa penyebaran Agama Islam di lakukan oleh
mubaligh profesional yang terkenal dengan istilah ....
a. Forum DA’I Nasional
b. Wali Songo
c. Para Bangsawan
d. Para petinggi kerajaan
e. Para Begawan
24. Pada masa permulaan, Faham Islam yang
berkembang di Indonesia adalah....
a. Assunnah WalJama’ah
b. Ahlu Jama’ah wal Sunnah
c. Salafiyah
d. Ahlussunnah Wal Jama’ah
e. Animisme
25. Dalam berdakwah dan menjumpai
suatu adat istiadat yang dilakukan masyarakat serta serta bertentangan dengan
ajaran islam, maka para muballigh zaman dahulu....
a. Melanjutkan adat istiadat tersebut
b. Meluruskan adat istiadat itu
secara bertahap
c. Meneruskan adat istiadat tersebut
dengan diberi nafas Islam
d. Mengesampingkan adat istiadat
tersebut
e. Menolak adat istiadat tersebut
tanpa ragu
II.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan
jelas!
1. Ada
banyak peranan pesantren di berbagai bidang dalam kehidupan di tengah
masyarakat, jelaskan peranan pesantren sebagai lembaga pendidikan !
2. Keberadaan
IPNU – IPPNU sebagai organisasi badan otonom NU lainnya, sudah menyebar di
seluruh Indonesia. Oleh karena itu struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU ada di
seluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah-daerah. Tuliskan secara
lengkap tingkat kepengurusan IPNU – IPPNU dari pusat hingga di tingkat satuan
pendidikan !
3. Beberapa
hal mengenai tata cara yang perlu dilakukan umat Islam dalam melaksanakan do’a
qunut, sebutkan tata cara dalam melaksanakan do’a qunut shalat subuh !
4. Strategi
penyebaran Agama Islam di Indonesia di lakukan dalam berbagai media atau jalan,
sebutkan 5 saja !
5. Mengapa
Agama Islam berkembang pesat dan mudah di terima oleh masyarakat Indonesia ?