Soal PAS Aswaja Ke-NU-an kelas 10 semester ganjil SMA/MA/SMK K-13


PELAKSANAAN AKHIR SEMERSTER I
TAHUN PELAJARAN 202
1/2022

 


Mata Pelajaran     : Ke-NU-an

Kelas                   : X (MIPA/IPS)

Hari Tanggal        : .............................. 2021

Waktu                  :

 


I.         Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban yang telah disediakan!


1.        Kata pondok yang berarti ruang tidur, wismaatau hotel sederhana berasal dari bahasa Arab ....

a.    Khondaq

b.    Funduq

c.    Pundak

d.    Qodzaf

e.    Qodla

2.        Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama kali didirikan oleh Syech Maulana Malik Ibrahim yang terkenal dengan julukan “Spiritual Father”. Apa arti dari julukan tersebut .…

a.    Para normal

b.    Bapak Spiritual Walisongo

c.    Bapak Bupati

d.    Bapak Islam

e.    Guru Spiritual Walisongo

3.        Pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik (kitab kuning) sebagai inti pendidikan pesantren tanpa mengenalkan pengajaran pengetahuan umumya itu pengertian dari ....

a.    Pondok modern

b.    Pondok pedalaman

c.    Pondok perkotaan

d.    Pesantren salaf

e.    Pesantren khalaf

4.        Metode yang digunakan oleh kiai di pondok pesantren dengan cara membaca, menerjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut .…

a.    Musyawarah

b.    Bahsul Masail

c.    Sorogan

d.    Bandongan

e.    Takror

5.        Pondok pesantren berhasil mencetak para kader yang menguasai dalam bidang agama dan mampu berkhidmad kepada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya izzul Islam wal muslimin merupakan….

a.    Peran pondok sebagai lembaga dakwah

b.    Peran pondok sebagai pengabdian masyarakat

c.    Peran pondok sebagai lembaga pendidikan

d.    Peran pondok sebagai lembaga masyarakat

e.    Peran pondok sebagai penyalur tenaga kerja

6.      Pesantren khalaf adalah pesantren yang telah memasukan pelajaran-pelajaran umum dalam madrasah yang dikembangkan secara klasikal. Di bawah ini yang merupakan metode yang di pakai di Pesantren Khalaf adalah.…

a.    Presentasi

b.    Sorogan

c.    Metode klasikal

d.    Hafalan

e.    Ceramah

7.        Memantapkan diri sebagai pusat keutamaan pemberdayaan sumber daya manusia yang terdidik dalam organisasi IPNU – IPPNU termasuk ke dalam wawasan….

a.    Keislaman

b.    Keilmuan

c.    Keterpelajaran

d.    Kebangsaan

e.    Kekaderan

8.        IPNU didirikan sebagai badan otonom NU untuk organisasi bagi pelajar dan santri pada tanggal ….

a.    22 Februari 1954

b.    23 Februari 1954

c.    24 Februari 1954

d.    25 Februari 1954

e.    26 Februari 1954

9.        Pandangan IPNU – IPPNU yang dijiwai oleh asas demokratis, mengakui keanekaragaman sosial budaya, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, menghargai harkat dan martabat manusia, serta memiliki sikap dan kepedulian terhadap nasib bangsa dan Negara merupakan wawasan .…

a.    Keislaman

b.    Keilmuan

c.    Kebangsaan

d.    Keterpelajaran

e.    Kekaderan

 

10.    Di bawah ini termasuk nilai-nilai dasar IPNU – IPPNU, kecuali ....

a.    Menjunjung tinggi nilai dan norma ajaran Islam

b.    Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi

c.    Menjujung tinggi sifat keikhlasan dalam berjuang

d.    Menjunjung tinggi persaudaraan, persatuan serta kasih sayang

e.    Hidup berdampingan bersama warga

11.    Struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU di sekolah atau madrasah maupun di pondok pesantren adalah .…

a.    Pimpinan wilayah

b.    Pimpinan cabang

c.    Pimpinan anak cabang

d.    Pimpinan ranting

e.    Pimpinan komisariat

12.    Pendidikan pengkaderan IPNU – IPPNU bagi anggota yang baru adalah ….

a.    Latihan kader muda

b.    Latihan kader madya

c.    Latihan kader utama

d.    Latihan pelatih

e.    Masa kesetiaan anggota

13.    Perhatikan pernyataan berikut!

1)   Menambah wawasan kepemimpinan

2)   Menurunkan harkat dan martabat manusia

3)   Melatih kemandirian hidup

4)   Menjadikan pribadi yang tangguh dalam mempertahankan NKRI

5)   Menyelam sambil minum air

Dari lima pernyataan diatas, yang berkaitan dengan manfaat bergabung di organisasi IPNU – IPPNU adalah ….

a.    1, 3 dan 4

b.    2, 3 dan 4

c.    1, 3 dan 5

d.    1, 3, 4dan 5

e.    1, 2, 3 dan 4

14.    Do’a yang dibaca pada rakaat kedua setelah I’tidal dan sebelum sujud dalam shalat subuh disebut....

a.    Do’a iftitah

b.    Do’a tarawih

c.    Do’a witir

d.    Do’a qunut

e.    Do’a sapu jagad

15.    مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه الدارقطني)

Hadits di atas merupakan dalil dalam pelaksanaan do’a ....

a.    Minta hujan

b.    Sapu jagad

c.    Qunut witir

d.    Qunut Shubuh

e.    Qunut nazilah

16.    Hukum membaca do’a qunut baik shalat subuh, witir maupun nazilah bagi umat Islam menurut Imam Syafi’I adalah ....

a.    Wajib

b.    Makruh

c.    Mubah

d.    Sunah

e.    Haram

17.    Sejarah qunut dalam shalat subuh yang pertama kali melakukan adalah....

a.    Abu bakar shidiq

b.    Rasulullah SAW.

c.    Umar bin khatab

d.    Usman bin affan

e.    Ali bin abi thalib

18.    اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِىْ فِيْمَنْ عَا فَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ. الخ

Do’a di atas adalah bacaan ….

a.    Wirid

b.    Qunut

c.    Tahlil

d.    Tasbih

e.    Takbir

19.    Bacaan qunut yang dilakukan umat Islam warga NU setelah tanggal 15 Ramadhan disebut qunut .…

a.    Witir

b.    Nazilah

c.    Subuh

d.    Wirid

e.    Dzikir

20.    Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah ....

a.    Kerajaan Demak

b.    Kerajaan Majapahit

c.    Kerajaan Banten

d.    Kerajaan Samudra Pasai

e.    Kerajaan Aceh

21.    Pada awalnya agama Islam di sebarkan di Indonesia melalui jalur perdagangan pada abad ke....

a.    11

b.    8

c.    12

d.    6

e.    7

22.    Di bawah ini 3 teori yang di kemukakan oleh ahli sejarah mengenai asal-usul kedatangan agama Islam di Indonesia yaitu….

a.    Teori Gujarat, Persia, Arab

b.    Teori Timur tengah, Gujarat, Arab

c.    Teori Arab, Asia, India

d.    Teori Asia, Arab, Maroko

e.    Teori China, Timur tengah, India

23.    Di Jawa penyebaran Agama Islam di lakukan oleh mubaligh profesional yang terkenal dengan istilah ....

a.    Forum DA’I Nasional

b.    Wali Songo

c.    Para Bangsawan

d.    Para petinggi kerajaan

e.    Para Begawan

24.    Pada masa permulaan, Faham Islam yang berkembang di Indonesia adalah....

a.    Assunnah WalJama’ah

b.    Ahlu Jama’ah wal Sunnah

c.    Salafiyah

d.    Ahlussunnah Wal Jama’ah

e.    Animisme

25.  Dalam berdakwah dan menjumpai suatu adat istiadat yang dilakukan masyarakat serta serta bertentangan dengan ajaran islam, maka para muballigh zaman dahulu....

a.    Melanjutkan adat istiadat tersebut

b.    Meluruskan adat istiadat itu secara bertahap

c.    Meneruskan adat istiadat tersebut dengan diberi nafas Islam

d.    Mengesampingkan adat istiadat tersebut

e.    Menolak adat istiadat tersebut tanpa ragu

 

 


 

II.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!

1.    Ada banyak peranan pesantren di berbagai bidang dalam kehidupan di tengah masyarakat, jelaskan peranan pesantren sebagai lembaga pendidikan !

2.    Keberadaan IPNU – IPPNU sebagai organisasi badan otonom NU lainnya, sudah menyebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu struktur kepemimpinan IPNU – IPPNU ada di seluruh Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah-daerah. Tuliskan secara lengkap tingkat kepengurusan IPNU – IPPNU dari pusat hingga di tingkat satuan pendidikan !

3.    Beberapa hal mengenai tata cara yang perlu dilakukan umat Islam dalam melaksanakan do’a qunut, sebutkan tata cara dalam melaksanakan do’a qunut shalat subuh !

4.    Strategi penyebaran Agama Islam di Indonesia di lakukan dalam berbagai media atau jalan, sebutkan 5 saja !

5.    Mengapa Agama Islam berkembang pesat dan mudah di terima oleh masyarakat Indonesia ?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url