Kisi-kisi PAT SKI Semester genap kelas 4

Selamat datang di blog saya, Berikut akan saya paparkan mengenai soal-soal PAT Kelas 4 semester genap. Simak baik-baik, semoga mendapatkan nilai yang memuaskan.

Materi Pokok :

  1. Memahami peristiwa penting dan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif
  2. Menganalisis latar belakang dan peristiwa Isra’ Mikraj Nabi Muhammad Saw.
  3. Memahami keadaan masyarakat Yasrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
  4. Menganalisa sebab-sebab dan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yasrib

Kisi-kisi soal :

Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif :

  • Peserta didik dapat menyebutkan dua pelindung utama dakwah  Nabi Muhammad  Saw
  • Peserta didik dapat menyebutkan alasan  Nabi Muhammad Saw hijrah ke Thaif
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama Surah dalam Al-Qu’ran yang menceritakan kota Thaif
  • Peserta didik dapat menyebutkan jarak kota Thaif dari Makkah
  • Peserta didik disajikan tabel untuk memahami nama-nama kerabat Nabi Muhammad Saw yang berada di kota Thaif
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad Saw hijrah ke Thaif
  • Peserta didik dapat memahami perlakuan penduduk kota Thaif ketika perjalanan kembali ke Makkah
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama pelayan keluarga Rabia’ah yang memberikan buah anggur kepada Nabi Muhammad Saw.
  • Peserta didik dapat memahami sikap Nabi Muhammad Saw terhadap perilaku penduduk  kota Thaif yang dilakukan kepadanya
  • Peserta didik dapat menyebutkan ketabahan-ketabahan Nabi Muhammad Saw. ketika hijrah ke Thaif

Isra’ Mikraj Nabi Muhammad Saw :

  • Pesera didik dapat menentukan sikap kaum Quraisy terhadap umat Islam setelah wafatnya pelindung utama dakwah Nabi Muhammad Saw
  • Peserta didik dapat menentukan sifat Allah Swt yang ditunjukan kepada Nabi Muhammad Saw saat perjalanan Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat menentukan nama Surat dan ayat dalam Al-ur’an yang menceritakan kisah perjalanan Isra’ Mi’raj yang dilaksanakan Nabi Muhammad Saw.
  • Peserta didik dapat menjelaskan arti kata Isra’ dan Mi’raj 
  • Peserta didik dapat menyebutkan  waktu pelaksanaan Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat menentukan nama daerah letak Masjidil Aqsa saat perjalanan Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama Nabi yang di temui di langit tingkat pertama waktu pelaksanaan Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat menyebutkan langit tingkat berapa  ketika Nabi menemui Nabi Yusuf As pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat memahami  dan menjelaskan kejadian-kejadian yang di lihat Nabi Muhammad Saw pada peristiwa  Isra’ Mi’raj
  • Peserta didik dapat memahami tanggapan penduduk kaum Quraisy terhadap   peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilaksanakan Nabi Muhammad Saw
  • Peserta didik dapat memahami keutamaan Shalat sebagai wahyu yang diterima pada peristiwa Isra’ Mi’raj

 

Masyarakat Yasrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw :

  • Peserta didik dapat menyebutkan  kepercayaan agama Yahudi yang menyimpang dari ajaran Nabi Musa As.
  • Peserta didik dapat menyebutkan  suku-suku di Yasrib yang memeluk agama Yahudi
  • Peserta didik dsajikan tabel nama Tuhan kepercayaan umat Nasrani untuk menyebutkan tiga Tuhan dalam agama Nasrani
  • Peserta didik dapat menyebutkan  waktu pelaksanaan bangsa Romawi menyebarkan Agama Nasrani kepada penduduk Yasrib
  • Peserta didik dapat memahami kepercayaan penduduk Yasrib sebelum Agama Yahudi dan Agama Nasrani masuk ke kota Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan  nama suku pendatang yang menetap di Yasrib dan suku tersebut selalu berselisih hampir 120 tahun
  • Peserta didik dapat menyebutkan  nama Raja dari kerajaan Saba yang membangun bendungan Ma’arib di Yaman
  • Peserta didik dapat menyebutkan  letak wilayah asal suku Yahudi yang datang ke kota Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan  hasil pertanian yang sangat terkenal dari  penduduk Yasrib

Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yasrib :

  • Peserta didik dapat menyebutkan  sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. melaksanakan hijrah ke Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan  nama Surah dalam Al-Qur’an yang memerintahkan Nabi Muhammad Saw. melaksanakan hijrah ke Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan  jumlah penduduk Yasrib yang pertama masuk Islam pada tahu ke 11 kenabian
  • Peserta didik dapat menyebutkan  nama tempat sebagai baiat pertama  dari  penduduk Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama sahabat Nabi Muhammad Saw yang diminta mendampingi  penduduk Yasrib  untuk melakukan dakwah di Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama wanita yang ikut melaksanakan baiat yang ke ke dua dari penduduk Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama istilah dari baiat yang ke dua bersama 75 orang penduduk Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat yang dipakai untuk berkumpul kaum kafir Quraisy merencanakan menghentikan dakwah Nabi Muhammad Saw.
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh kafir Quraisy yang mengusulkan membunuh Nabi Muhammad Saw.
  • Peserta didik dapat menyebutkan harga unta milk Abu Bakar yang dipergunakan Nabi Muhammad Saw. saat hijrah ke Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama putra dan putri Abu Bakar yang membantu menyiapkan bekal dalam perjalanan hijrah ke Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan nama pembantu Abu Bakar yang membantu  dalam perjalanan hijrah Nabi Muhammad dan abu Bakarke Yasrib
  • Peserta didik dapat menyebutkan lamanya waktu tinggal bersembunyi di Gua  Tsur dalam perjalanan hijrah ke Yasrib

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url