KISI-KISI PAT Matematika kelas 4 SD/MI TERLENGKAP

 

Berikut adalah KISI-KISI PAT Matematika kelas 4 SD/MI TERLENGKAP, silahkan dipelajari, semoga bermanfaat.

 

No. KD

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

3.8

Menganalisis sifat-sifat segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan

Segi banyak beraturan dan tidak beraturan

Disajikan gambar. Peserta didik mampu menyebutkan bangun datar yang berbentuk segi banyak beraturan

Peserta didik dapat menentukan jumlah sudut pada bagun datar segitiga sama sisi

Disajikan beberapa sifat bangun datar. Peserta didik dapat menganalisis suatu bangun datar berdasarkan sifat sifat yang disebutkan.

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bangun datar segi banyak tidak beraturan

Disajikan gambar bangun datar segi banyak tidak beraturan. Peserta didik dapat meentukan banyak sudut dan sisi bangun tersebut

Peserta didik dapat mentukan contoh bangun datar segi banyak beraturan

Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh bangun datar segi banyak beraturan

Disajikan gambar bentuk segi banyak tidak beraturan. Peserta didik mampu menentukan banyak sisi dan sudut pada bangun datar tersebut.

3.9

Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua

Keliling bangun datar

Disajikan gambar bangun persegi panjang. Peserta didik mampu menentukan keliling persegi panjang

Disajikan narasi. Peserta didik mampu menentukan sisi persegi yang sudah diketahui kelilingnya.

Peserta didik mampu menentukan keliling segitiga

Disajkan narasi. Peserta didik mampu menentukan keliling persegi panjang

Luas bangun datar

Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan luas persegi panjang

Disajikan gambar. Peserta didik mampu menemukan panjang sisi persegi dari  luas persegi yang sudah diketahui. Sebagai hubungan akar pangkat dua

Disajikan gambar segitiga. Peserta didik mampu menghitung keliling dan luas segitiga

Disajikan narasi. Peserta didik mampu menentukan luas persegi sebagai hubungan bilangan pangkat dua

3.10

Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model kongkret.

Garis-garis berpotongan

Disajikan gambar busur panah. Peserta didik mampu menyebutkan garis nama garis tersebut

Peserta didik mampu menentukan garis yang bukan berpotongan dari pilihan yang disediakan

Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menentukan garis-garis yang berpotongan

Garis-garis sejajar

Peserta didik mampu menjelaskan garis sejajar

Peserta didik mampu menemukan garis-garis sejajar pada contoh benda konkrit

Garis-garis berimpit

Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menunjukkan garis berimpit

Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menggambarkan garis yang berimpit

Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menentukan garis berimpit dengan garis B

3.11

Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

Mengumpulkan data

Peserta didik dapat menentukan cara pengumpulan data sebuah kegiatan

Membaca data

Disajikan data. Peserta didik dapat membaca data dengan benar

Disajikan data dalam diagram batang. Siswa dapat membaca dan menentukan jumlah nilai suatu data

Menyajikan data dalam bentuk tabel

Disajikan data bekal makan favorit. Peserta didik dapat membuat tabel frekuensi berdasarkan kumpulan data yang disediakan

Disajikan tabel. Peserta didik dapat membaca data penjualan terbanyak yang ditampilkan pada tabel frekuensi

Disajikan tabel. Peserta didik dapat menentukan jumlah data yang ditampilkan pada tabel frekuensi

Menyajikan data dalam bentuk diagram batang

Disajikan data dalam tabel. Peserta didik mampu menyajikan data dalam bentuk diagram batang

Disajikan diagram batang. Peserta didik mampu menentukan selisih data tinggi badan yang disajikan

3.12

Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

Mengukur sudut

Peserta didik mampu memahami sudut

Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menentukan besar sudut terkecil  yang dibentuk oleh jarum jam yang menunjukkan pukul 08.00

Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menentukan sudut luar

Menggambar sudut

Disajikan sudut. Peserta didik mampu menggambar suatu sudut yang membentuk sudut 1000

Disajikan beberapa gambar. Peserta didik mampu menganalisis jenis-jenis sudut

Pengukuran sudut pada segitiga

Disajikan gambar segitiga ABC. Peserta didik mampu menentukan besar sudut ABC pada segitiga sama sisi

Pengukuran sudut pada segiempat

Peserta didik mampu mengukur jumlah besar sudut-sudut dalam pada bangun datar segi empat

Pengukuran sudut pada segilima dan segi-n

Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan jenis sudut segi-n


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url