KISI-KISI PAT Matematika kelas 4 SD/MI TERLENGKAP
Berikut adalah KISI-KISI PAT Matematika kelas 4 SD/MI TERLENGKAP, silahkan dipelajari, semoga bermanfaat.
|
No. KD |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
|
3.8 |
Menganalisis sifat-sifat segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan |
Segi banyak beraturan dan tidak beraturan |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menyebutkan bangun datar yang berbentuk segi banyak beraturan |
|
Peserta didik dapat menentukan jumlah sudut pada bagun datar segitiga sama sisi |
|||
|
Disajikan beberapa sifat bangun datar. Peserta didik dapat menganalisis suatu bangun datar berdasarkan sifat sifat yang disebutkan. |
|||
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bangun datar segi banyak tidak beraturan |
|||
|
Disajikan gambar bangun datar segi banyak tidak beraturan. Peserta didik dapat meentukan banyak sudut dan sisi bangun tersebut |
|||
|
Peserta didik dapat mentukan contoh bangun datar segi banyak beraturan |
|||
|
Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh bangun datar segi banyak beraturan |
|||
|
Disajikan gambar bentuk segi banyak tidak beraturan. Peserta didik mampu menentukan banyak sisi dan sudut pada bangun datar tersebut. |
|||
|
3.9 |
Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua |
Keliling bangun datar |
Disajikan gambar bangun persegi panjang. Peserta didik mampu menentukan keliling persegi panjang |
|
Disajikan narasi. Peserta didik mampu menentukan sisi persegi yang sudah diketahui kelilingnya. |
|||
|
Peserta didik mampu menentukan keliling segitiga |
|||
|
Disajkan narasi. Peserta didik mampu menentukan keliling persegi panjang |
|||
|
Luas bangun datar |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan luas persegi panjang |
||
|
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menemukan panjang sisi persegi dari luas persegi yang sudah diketahui. Sebagai hubungan akar pangkat dua |
|||
|
Disajikan gambar segitiga. Peserta didik mampu menghitung keliling dan luas segitiga |
|||
|
Disajikan narasi. Peserta didik mampu menentukan luas persegi sebagai hubungan bilangan pangkat dua |
|||
|
3.10 |
Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model kongkret. |
Garis-garis berpotongan |
Disajikan gambar busur panah. Peserta didik mampu menyebutkan garis nama garis tersebut |
|
Peserta didik mampu menentukan garis yang bukan berpotongan dari pilihan yang disediakan |
|||
|
Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menentukan garis-garis yang berpotongan |
|||
|
Garis-garis sejajar |
Peserta didik mampu menjelaskan garis sejajar |
||
|
Peserta didik mampu menemukan garis-garis sejajar pada contoh benda konkrit |
|||
|
Garis-garis berimpit |
Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menunjukkan garis berimpit |
||
|
Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menggambarkan garis yang berimpit |
|||
|
Disajikan gambar garis. Peserta didik mampu menentukan garis berimpit dengan garis B |
|||
|
3.11 |
Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang |
Mengumpulkan data |
Peserta didik dapat menentukan cara pengumpulan data sebuah kegiatan |
|
Membaca data |
Disajikan data. Peserta didik dapat membaca data dengan benar |
||
|
Disajikan data dalam diagram batang. Siswa dapat membaca dan menentukan jumlah nilai suatu data |
|||
|
Menyajikan data dalam bentuk tabel |
Disajikan data bekal makan favorit. Peserta didik dapat membuat tabel frekuensi berdasarkan kumpulan data yang disediakan |
||
|
Disajikan tabel. Peserta didik dapat membaca data penjualan terbanyak yang ditampilkan pada tabel frekuensi |
|||
|
Disajikan tabel. Peserta didik dapat menentukan jumlah data yang ditampilkan pada tabel frekuensi |
|||
|
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang |
Disajikan data dalam tabel. Peserta didik mampu menyajikan data dalam bentuk diagram batang |
||
|
Disajikan diagram batang. Peserta didik mampu menentukan selisih data tinggi badan yang disajikan |
|||
|
3.12 |
Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat |
Mengukur sudut |
Peserta didik mampu memahami sudut |
|
Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam yang menunjukkan pukul 08.00 |
|||
|
Disajikan gambar jarum jam. Peserta didik mampu menentukan sudut luar |
|||
|
Menggambar sudut |
Disajikan sudut. Peserta didik mampu menggambar suatu sudut yang membentuk sudut 1000 |
||
|
Disajikan beberapa gambar. Peserta didik mampu menganalisis jenis-jenis sudut |
|||
|
Pengukuran sudut pada segitiga |
Disajikan gambar segitiga ABC. Peserta didik mampu menentukan besar sudut ABC pada segitiga sama sisi |
||
|
Pengukuran sudut pada segiempat |
Peserta didik mampu mengukur jumlah besar sudut-sudut dalam pada bangun datar segi empat |
||
|
Pengukuran sudut pada segilima dan segi-n |
Disajikan gambar. Peserta didik mampu menentukan jenis sudut segi-n |